WORKSHOP BASIC PRODUCT PHOTOGRAPHY BAGI UMKM KULINER DAN KERAJINAN BINAAN BUMDES BUAH BATU

Authors

  • Litasari Widyastuti Suwarsono Industrial Engineering Department, Telkom University
  • Fida Nirmala Nugraha Industrial Engineering Department, Telkom University
  • Atya Nur Aisha Industrial Engineering Department, Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.25124/cosecant.v2i2.18664

Abstract

Aspek pemasaran merupakan salah satu kendala yang dihadapi para pelaku UMKM bidang kuliner dan kerajinan dalam menjalankan bisnisnya. Pada era digital, kemudahan untuk perluasan akses pasar dapat dicapai melalui keberadaan platform e-commerce maupun media sosial. Salah satu langkah yang perlu dilakukan untuk menarik minat pembelian produk, khususnya berkaitan dengan makanan maupun kerajinan, pada media sosial maupun e-commerce adalah melalui tampilan foto produk. Iklan pada media sosial yang menampilkan foto produk yang menarik dapat meningkatkan keinginan pelanggan untuk membeli produk tersebut. Oleh karena itu, program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai teknik dalam ‘Basic Product Photography’ bagi para pelaku atau calon pelaku UMKM, khususnya bidang kuliner dan kerajinan, di lingkungan BUMDes Buah Batu dan sekitarnya. Kegiatan pelatihan dilakukan secara virtual (synchronous) melalui media Zoom yang dihadiri oleh 17 pelaku UMKM binaan BUMDes Buah Batu. Peserta memiliki partisipasi aktif dalam mengeksplor dan memberikan pertanyaan mengenai tips dan trik untuk menghasilkan foto yang menarik. Berdasarkan feedback yang diberikan dari peserta pelatihan, 100% peserta memberikan respon yang positif mengenai konten kegiatan pengabdian masyarakat sudah sesuai dengan kebutuhan dari peserta kegiatan. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu peningkatan kemampuan bagi pelaku UMKM bidang kuliner maupun kerajinan agar dapat mendorong kapabilitas pemasaran produknya masing-masing.

Kata Kunci: UMKM, basic product photography, kuliner, kerajinan

References

Ferdiansyah, H., and Said, S. Peningkatan Kapasitas Pengurus BUMDes dalam Melakukan Product Photography. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2022, 6(5).

Fuadillah, S., Amalia, A. A., Nur, K. W. Pelatihan food photography bagi kelompok UKM kuliner Kecamatan Rappocini Kota Makassar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2021, 4(2), 151.

Fourqoniah, F., Hetami, A. A., Hera, H., Handayani, T., Syafitri, S. Optimalisasi Usaha Bumdes Mulya Bersama Melalui Peningkatan Kualitas Produk UMKM Desa Mulawarman. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2021, 3(1), 79-87.

Muliati, R., Herawati, D., Minawati, R., Emas, C. A. P. Workshop Foto Produk untuk Pengembangan UKM di Kota Padangpanjang. Jurnal Pengabdian Seni, 2022, 3(1), 56-65.

Musdalifah, F. S., Murti, K., Rahmawati, A., Aryansah, J. E., Yogsunandar, H. Product photography assistance for micro, small, and medium enterprises in Banyuasin, South Sumatra. Community Empowerment, 2022, 7(10), 1740-1749.Nugroho, M. R. Penerapan Pola Sinergitas Antara BUMDes dan UMKM Dalam Menggerakkan Potensi Desa Di Kecamatan Saptosari. Prosiding Sembadha, 2018, 1, 28-37.

Supriyati, E., and Iqbal, M. Pelatihan Fotografi Makanan menggunakan Smart Phone untuk Meningkatkan Nilai Produk di Catering Syakila Kabupaten Kudus. Abdi Masya, 2022, 2(1), 27-32.

Setyowati, R., and Rohmah, A. N. Peningkatan Promosi Melalui Fotografi Produk Dengan Smartphone Pada Bukuan Fried Chicken (BFC). Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2022, 1(3), 75-82.

Published

2023-03-16

Issue

Section

Articles