Perancangan Sistem Manajemen Mutu (smm) Pada Puskesmas Bojongsoang Untuk Memenuhi Requirement Iso 9001:2008 Klausul 4 Dan 5 Menggunakan Metode Benchmarking

Mugni Rifki, Sri Widaningrum, Muhammad Iqbal

Abstract

Puskesmas Bojongsong merupakan salah satu unit penyedia pelayanan kesehatan yang ada di kabupaten Bandung. Puskesmas Bojongsoang berada dibawah naungan Pemkab Bandung mulai efektif memberikan pelayanan sejak 27 Januari 2010. Sebagai penyedia pelayanan kesehatan, puskesmas Bojongsoang berperan dalam peningkatan tingkat kesehatan masyarakat. Untuk tujuan tersebut diperlukan suatu sistem manajemen yang mengatur dan mengendalikan mutu pelayanan. Namun puskesmas Bojongsoang belum memiliki sistem manajemen mutu. Oleh sebab itu perlu dirancang sistem manajemen mutu yang sesuai dengan requirement ISO 9001:2008.
Dalam merancang sistem manajemen mutu Puskesmas Bojongsoang, data yang digunakan adalah data eksisting Puskesmas Bojongsoang; data benchmarking Puskesmas Pasundan dan Margahayu; serta klausul 4 dan 5 ISO 9001:2008. Setelah didapatkan data tersebut, dilakukan analisis dengan membandingkan data klausul 4 dan 5 ISO 9001:2008 yang diperoleh dari puskesmas mitra benchmarking dengan data eksisting untuk menentukan adanya gap. Dari analisis tersebut akan menghasilkan suatu usulan rancangan sistem manajemen mutu puskesmas Bojongsoang berdasarkan requirement ISO 9001:2008 klausul 4 dan 5. Rancangan yang diusulkan dalam penelitian ini adalah (1) proses bisnis dan SOP puskesmas Bojongsoang yang sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2008 klausul 4 dan 5. Adapun beberapa SOP tersebut adalah (a) Prosedur Pengendalian Dokumen dan Rekaman (b) Prosedur Tinjauan Manajemen (c) Prosedur Komunikasi Internal.

Kata kunci : Sistem Manajemen Mutu, SOP, ISO 9001:2008, Proses bisnis, Benchmarking

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :-1