Usulan Perbaikan Proses Pencetakan Motif Pada Kain Grey Untuk Meminimasi Waste Transportation Di Pt Kharisma Printex Dengan Pendekatan Lean Manufacturing

Maulina Dwiwanti, Pratya Poeri Suryadhini, Muhammad Iqbal

Abstract

PT Kharisma Printex merupakan perusahaan manufaktur swasta yang bergerak dibidang industri tekstil dengan menyediakan jasa untuk pencetakan motif pada kain grey. Pada proses pencetakan motif pada kain grey ditemukan waste transportation yang mempengaruhi pencapaian target produksi PT Kharisma Printex. Berdasarkan hasil pengamatan langsung dan data yang telah dikumpulkan, waste transportation disebabkan oleh tata letak yang kurang baik yang mengakibatkan terjadi gerakan backtracking dengan total jarak sejauh 57,05 meter. Hal ini dapat mempengaruhi waktu aktivitas pemindahan material menjadi lama. Selain itu, area lantai produksi pada PT Kharisma Printex yang masih berantakan karena adanya barang -barang yang diletakkan tidak teratur dan menghalangi lintasan jalan untuk pemindahan material.

Upaya yang dilakukan untuk meminimasi waste transportation yaitu dengan menggunakan pendekatan lean manufacturing. Pada tahap awal penelitian dilakukan pemetaan waktu dan aliran aktivitas proses produksi pada kondisi saat ini menggunakan value stream mapping (VSM) dan process activity mapping (PAM). Tahap selanjutnya melakukan identifikasi akar penyebab masalah terjadinya waste transportation dengan fishbone diagram.

Penyelesaian akar penyebab masalah dengan merancang usulan perbaikan menggunakan tools lean manufacturing yaitu perancangan perbaikan tata letak dan pemilihan alternatif material handling equipment (MHE).

Kata Kunci: lean manufacturing, waste transportation, perancangan layout

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :-1