Perancangan Sistem Conveyor Antar Mesin Di Stasiun Kerja Sortasi Teh Hitam Orthodoks Menggunakan Metode Perancangan Produk Rasional Dan Scada Di Ptpn Viii Rancabali

Muhammad Zamzam Anshori, Rino Andias Anugraha, Denny Sukma Eka Atmaja

Abstract

Pada stasiun sortasi perpindahan bubuk teh antar mesin dan memasukan bubuk teh ke mesin masih dilakukan oleh operator. Aliran material menjadi tidak kontinu dan berdampak pada lamanya waktu pemrosesan di setiap mesin. Dibutuhkan material handling yang dapat memindahkan bubuk teh berdasarkan aliran proses untuk setiap mutu, material handling yang cocok adalah conveyor. Pemilihan conveyor sebagai material handling didasarkan pada ketepatan pada aliran produksi, aliran material menjadi kontinu, serta perpindahan bubuk teh dapat berjalan dengan otomatis. Conveyor dirancang dengan menggunakan tahapan perancangan konsep produk rasional Nigel Cross. Permasalahan lainnya adalah tidak ada sistem controlling dan monitoring yang realtime sehingga pengambilan keputusan menjadi lebih lama atau aliran informasi dari plant ke level manager lebih lambat. Hasil akhir dari penelitian ini adalah konsep conveyorisasi antar mesin dengan Spesifikasi panjang lintasan conveyor 2.65 meter, dengan tinggi akhir conveyor adalah 1.5 meter dan tinggi awal conveyor adalah 0.5 m, lebar conveyor adalah 0.5 m, dan kemiringan conveyor yaitu 27o dan perancangan sistem SCADA yang dilengkapi oleh sistem reporting sehingga semua informasi tersimpan dalam database secara otomatis.

Kata kunci : Conveyor, Nigel Cross, perancangan produk rasional, SCADA, Generic Data Grid, Database, Teh Hitam Orthodoks.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0