Pengukuran Software Metric Terhadap Implementasi Framework Laravel Pada Pembangunan Aplikasi Berbasis Webstudi Kasus : Jurnal Logic

Authors

  • Moch. Irfandi Susanto Telkom University
  • Eko Darwiyanto Telkom University
  • Gede Agung Ary Wisudiawan Telkom University

Abstract

Pengukuran adalah hal yang mendas ar bagi s etiap dis iplin rekayas a, tidak terkecuali rekayas a teknik perangkat lunak (s oftware engineering). Dengan pengukuran, dapat diperoleh informas i terkait s uatu objek atau produk melalui mekanis me evaluas i s ecara objektif. Software metrics mengacu pada berbagai pengukuran untuk perangkat lunak.

Web application framework merupakan s ebuah kerangka perangkat lunak yang dirancang untuk membantu pembangunan web dinamis , aplikas i web, web s ervices , dan web res ources . Laravel merupakan s alah s atu dari beberapa framework web yang ada s aat ini.

Dalam tugas akhir ini dibangun aplikas i web Jurnal Logic menggunakan framework Laravel, kemudian dilakukan pengukuran s oftware metric terhadap aplikas i web ters ebut menggunakan tools Php Depend dan Php Metric. Dari penelitian ini didapatkan bahwa nilai efficiency, complexity, unders tandability, reus ability, dan maintainability produk dapat ditingkatkan dengan membuat s ubclas s , memis ahkan fungs i kedalam kelas s ecara s pes ifik, membuat algoritma yang lebih s ederhana, dan menambahkan komentar pada kode.

Kata kunci : Software metrics , Web Application Framework, Laravel

Downloads

Published

2015-12-01

Issue

Section

Program Studi S1 Informatika