Desain Dan Implementasi Panel Surya Pada Sistem Pendeteksi Banjir Yang Menggunakan Wireless Sensor Network

Aziz Maulana Arham, Agung Nugroho Jati, Asep Mulyana

Abstract

Abstrak Berkurangnya cadangan minyak bumi sebagai sumber energi utama di bumi memaksa kita untuk mencari alternatif sumber energi yang lain. Dari berbagai sumber energi alternatif yang ada, energi matahari merupakan sumber energi alternatif yang memiliki kelebihan yaitu sifatnya yang tak terbatas, ramah lingkungan dan merupakan sumber energi masa depan. Panel surya adalah alat untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik dan dapat menjadi sebuah energi terbarukan. Dengan berlatar belakang yang sama akan bencana dan krisis energi yang melanda kota-kota besar yang ada di Indonesia saat ini, maka penulis akan mengimplementasikan penggunaan panel surya sebagai energi alternative yang lebih berguna yaitu sebagai catuan alat pendeteksi banjir.

Pada penelitian tugas akhir ini panel surya digunakan sebagai pencatu pada microcontroller yang dipasang pada pendeteksi banjir. Dengan buck converter akan menurunkan tegangan awal panel surya menjadi konstan. Selain itu digunakan 2 buah baterai dengan kapasitas 100 Ah dan 65 Ah sebagai energi backup. Serta sistem switch relay yang memungkinkinkan pergantian baterai secara kontinu untuk memperpanjang life cycle dari sistem.

Hasil dari penelitian ini, dengan daya dari baterai A sebesar 12 x 100 = 1200 watt dan daya dari baterai B sebesar 12 x 65 = 780 watt. Penggunaan beban penuh selama 24 jam, maka didapat total daya yang dibutuhkan per hari untuk system dapat bekerja adalah 34.8 watt. Dengan demikian baterai A apabila dalam kondisi penuh akan habis selama ±34 hari. Sedangkan baterai B apabila dalam kondisi penuh akan habis selama ±22 hari

Kata kunci: panel surya, baterai, deteksi banjir, wsn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0