Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Jus Cv. Xyz Di Kota Bandung Ditinjau Dari Aspek Pasar, Aspek Teknis Dan Aspek Keuangan

Authors

  • Pascal Shinji Leosiswo Telkomuniversity
  • Endang Chumaidiyah Telkomuniversity
  • Wawan Tripiawan Telkomuniversity

Abstract

Abstrak
Jus buah merupakan minuman yang dibutuhkan banyak perusahaan salah satunya hotel, khususnya hotel bintang 4 dan 5. Peluang bisnis jus buah ini dimanfaatkan oleh CV. XYZ untuk mendirikan usaha. Pihak CV. XYZ ingin mengetahui bisnis CV. XYZ ini layak atau tidak untuk terus dikembangkan dan dilanjutkan sampai pada periode yang akan datang. Penelitian ini meneliti kelayakan usaha CV. XYZ ditinjau dari aspek pasar, aspek teknis dan aspek finansial. Hasil dari analisis kelayakan CV. XYZ didapatkan bahwa usaha CV. XYZ layak untuk dijalankan dengan nilai NPV yang didapatkan sebesar Rp 42.668.943, nilai PBP yang didapatkan sebesar 4,53 tahun dan nilai IRR yang didapatkan sebesar 17%. Penelitian ini juga menghitung aspek sensitivitas dan risiko yang bisa dihadapi oleh CV. XYZ. Aspek sensitivitas menunjukan CV. XYZ sensitif terhadap kenaikan biaya bahan baku sebesar 4,76%, sensitif terhadap penurunan harga jual produk sebesar 1,99%, sensitif terhadap kenaikan biaya tenaga kerja langsung sebesar 18,9% dan sensitif terhadap penurunan volume penjualan sebesar 5,43%. Untuk aspek risiko terdiri dari risiko bisnis yang disebabkan oleh persaingan usaha dengan kompetitor dengan persentase sebesar 2%, risiko operasional yang disebabkan oleh produk yang cacat produksi dengan persentase sebesar 3% dan risiko finansial yang disebabkan oleh keterlambatan pembayaran dengan persentase risiko sebesar 3%.

Kata kunci : analisis kelayakan, NPV, PBP, IRR, sensitivitas

Abstract Fruit juice is a drink that is needed by many companies, one of which is hotels, especially 4 and 5 star hotels. Fruit juice business opportunity is utilized by CV. XYZ to set up a business. The CV. XYZ wants to know the business of CV. XYZ is feasible or not to continue to be developed and continued in the coming period. This research examines the business feasibility of CV. XYZ in terms of market aspects, technical aspects and financial aspects. The results of the feasibility analysis CV. XYZ found that the business of CV. XYZ is feasible to run with an NPV value of Rp 42,668,943, a PBP value of 4.53 years and an IRR value of 17%. This study also calculates the sensitivity and risk aspects that can be faced by CV. XYZ The sensitivity aspect shows that CV. XYZ is sensitive to an increase in raw material costs by 4.76%, sensitive to a decrease in product selling prices by 1.99%, sensitive to an increase in direct labor costs by 18.9% and sensitive to a decrease in sales volume by 5.43%. The risk aspect consists of business risk caused by business competition with competitors with a percentage of 2%, operational risk caused by defective products with a percentage of 3% and financial risk caused by late payment with a risk percentage of 3%.

Keywords: feasibility study, NPV, PBP, IRR, sensitivity

Downloads

Published

2020-08-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri