Penentuan Kebijakan Persediaan Suku Cadang Pada Mesin Laser Cutting Cnc Di Pt Pindad Dengan Mempertimbangkan Ketidakpastian Laju Kerusakan Menggunakan Metode Continuous Review Untuk Meminimasi Total Biaya Persediaan

Authors

  • M Ikhbal Efendi Telkomuniversity
  • Luciana Andrawina Telkomuniversity
  • Putu Giri Artha Telkomuniversity

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilaksanakan di PT Pindad (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang Peralatan pertahanan dan keamanan negara. Sebagai perusahaan manufaktur yang memproduksi alat-alat berat, PT Pindad menggunakan berbagai jenis mesin untuk mendukung proses produksinya. Akan tetapi, perusahaan belum tepat dalam menentukan jumlah persediaan suku cadang yang harus dipersiapkan untuk mengganti suku cadang yang rusak. Objek mesin pada penelitian ini adalah mesin laser cutting CNC karena berdasarkan hasil pengumpulan data di lapangan mesin ini menguras pengeluaran sebesar 76,13% dari total pembelian suku cadang mesin dan terdapat suku cadang yang mengalami stock out serta adanya gap antara jumlah pemakaian dengan jumlah pembelian selama periode 2019. Penelitian ini dilakukan agar dapat memberikan usulan kebijakan persediaan dengan memperhitungkan kebutuhan suku cadang berdasarkan laju kerusakan untuk satu periode yang akan datang menggunakan metode Poisson Process. Kebijakan persediaan dilakukan dengan metode Continuous Review untuk meminimasi total biaya persediaan. Hasil dari kebijakan persediaan usulan pada penelitian ini dapat menurunkan total biaya persediaan hingga 28,90% atau sebesar Rp415.003.518,05 dari kondisi aktual. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat merancang aplikasi untuk pengelolaan persediaan suku cadang yang terintegrasi dengan pihak maintenance dan supply chain.
Kata kunci : suku cadang, poisson process, continuous review, laju kerusakan, stockout

Abstract This research was conducted at PT Pindad (Persero) which is a State-Owned Company (BUMN) that is engaged in the field of defense and state security equipment. As a manufacturing company that manufactures heavy equipment, PT Pindad uses various types of machinery to support its production process. However, the company has not precisely determined the number of parts that must be prepared to replace damaged parts. The object of the machine in this study is a laser cutting CNC machine because based on the results of data collection in the field this machine drains 76.13% of the total cost of purchasing machine parts, there are spare parts that experience stock out and there is a gap between the number of uses and the number of purchases during the 2019 period. This research was conducted to provide an inventory policy proposal by calculating the expected demand for spare parts based on the failure rate for the coming period using the Poisson Process method. Inventory policy is carried out using the Continuous Review method to minimize the total inventory cost. The results of the inventory policy proposed in this study can reduce the total cost of inventory by 28.90% or Rp.415,003,518.05 from the actual condition.

Keywords: spare part, poisson process, continuous review, failure rate, stockout

Downloads

Published

2020-08-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri