Penentuan Lokasi Cabang Baru Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Dengan Metode Ahp

Authors

  • Azmi Alim Majduddin Telkomuniversity
  • Amelia Kurniawati Telkomuniversity
  • Nurdinintya Athari Telkomuniversity

Abstract

Abstrak Nurul Fikri adalah lembaga bimbingan belajar yang banyak diminati oleh kalangan pelajar sebagai penunjang proses belajar di sekolah. Nurul Fikri memiliki 118 cabang yang tersebar di wilayah Indonesia. Penentuan lokasi cabang baru yang selama ini dilakukan lembaga hanya dengan cara konvensional tanpa adanya suatu metode dan penghitungan matematis yang pasti.
Langkah dalam penelitian ini yaitu melakukan wawancara terhadap narasumber untuk mendapatkan data-data dalam menentukan lokasi terdahulu, melakukan perhitungan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), dan membandingkan hasil dari perhitungan metode ahp dengan data yang ada di lapangan sebagai validasi dari model pengambilan keputusan.
Penelitian yang dilakukan menghasilkan daftar prioritas solusi alternatif, model pengambilan keputusan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang telah divalidasi, dan tata letak fasilitas dari solusi alternatif terpilih.
Kata Kunci : Nurul Fikri, Model Pengambilan Keputusan, AHP.
Abstract Nurul Fikri is a tutoring institution that is in great demand by students as a support to the learning process at school. Nurul Fikri has 118 branches spread across Indonesia. Determination of the location of the new branch that has been carried out by the institution only by conventional means without the existence of a method and mathematical calculations that are certain.
The steps in this research are interviewing interviewees to get data in determining the previous location, doing calculations using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method, and comparing the results of the calculation of the ahp method with the data in the field as validation of the decisionmaking model.
The research conducted produced a priority list of alternative solutions, a decisionmaking model using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method that has been validated, and the layout of the facilities of the selected alternative solutions.
Keyword : Nurul Fikri, Decisionmaking model, AHP.

Downloads

Published

2020-08-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri