Perancangan Aplikasi Pencatatan Keuangan Berbasis Website Menggunakan Metode Agile Development Studi Kasus Pada Warung Nasi Sunda Mang Ujang

Authors

  • Muhamad Arief Damanhuri Telkomuniversity
  • Budi Praptono Telkomuniversity
  • Maria Dellarosawati Telkomuniversity

Abstract

Abstrak Pada zaman yang sekarang ini teknologi berkembang semakin pesat, suatu informasi dan perkembangan teknologi sendiri sangatlah berpengaruh dan mempunyai peran penting bahkan menjadi kebutuhan di mayoritas masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pengelolaan keuangan dan pembukuan pada Warung Nasi Sunda Mang Ujang dengan cara merancang aplikasi pencatatan keuangan dengan menggunakan metode Agile Development. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan Aplikasi Pencatatan Keuangan, Warung Nasi Sunda Mang Ujang dapat lebih bisa mengontrol data pengeluaran dan pemasukan yang dilakukan dan juga dapat menentukan harga lebih optimal untuk penjualan produk yang dilakukan.

Kata kunci : scrum, aplikasi pencatatan keuangan, laporan keuangan
Abstract In this day and age technology develops more rapidly, the development of information and technology itself is very influential and has an important role and even becomes a necessity in most societies. The purpose of this study is to assist financial management and bookkeeping at Sunda Mang Ujang Warung Nasi by designing financial recording applications using the Agile Development method. The results of this study indicate that by using the Financial Recording Application, Sunda Mang Ujang Rice Stalls can be better able to control the expenditure and income data conducted and also can determine a more optimal price for product sales.

Keywords: Scrum, financial recording application, financial statements

Downloads

Published

2020-08-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri