Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan The Open Group Architecture Framework (togaf) Dan Architecture Development Method (adm) (studi Kasus: Lembaga Kursus Topography Training Centre)

Dyvanno Pramana Caesario, Eko Darwiyanto, Gede Agung Ary Wisudiawan

Abstract

Perancangan strategis sistem informasi merupakan langkah untuk merumuskan keunggulan kompetitif sumber daya yang sudah tersedia pada perusahaan, organisasi, maupun kelembagaan. Dalam hal ini, lembaga kursus Topography Training Centre berupaya dalam merumuskan keunggulan kompetitif yang dimilikinya, merumuskan kebutuhan pembukaan cabang, dan berupaya untuk mengatasi permasalahan seperti penyaluran yang masih konvensional. Upaya dilakukan dengan cara merancang strategi dari bisnis hingga pemanfaatan teknologi informasi dan sistem informasi (TI/SI) dapat berjalan secara efektif. Perancangan strategis dirancang untuk membangun lembaga kursus unggul dalam bisnis geomatika Metode yang digunakan untuk merancang strategi adalah The Open Group Architecture Framework dan Architecture Development Method untuk memudahkan dalam perancangan strategi bisnis serta TI/SI yang baik untuk lembaga kursus. Fase yang digunakan dalam metode ini adalah preliminary, requirement management, architecture vision, business architecture, information system architecture, dan technology architecture. Total kematangan arsitektur dari hasil pengujian EA Scorecard mencapai 79,64% yang menunjukan bahwa arsitektur lembaga kursus dapat dilanjutkan untuk tahapan implementasi. Penelitian menghasilkan usulan perencanaan strategis sistem informasi dan menghasilkan purwarupa aplikasi sesuai dengan kebutuhan lembaga kursus dan peluangnya dimasa depan.

Kata Kunci: Perencanaan Strategis Sistem Informasi, The Open Group Architecture Framework, Architecture Development Method , Lembaga Kursus.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0