Implementasi Pengamanan Pada Jaringan Lorawan Untuk Mengatasi Serangan Sniffing Dengan Menggunakan Metode Digital Signature

Authors

  • Rahayu Indah Lestari Telkomuniversity
  • Vera Suryani Telkomuniversity
  • Aulia Arif Wardana Telkomuniversity

Abstract



Abstrak LoRa atau Long Range dengan teknologi LoRaWAN adalah contoh baru dari kelas jaringan dan sedang digunakan dalam skala besar di beberapa negara. Kekurangan dari jaringan LoRaWAN yaitu tidak adanya proses enkripsi pada payload data. Saat proses pengiriman pesan sedang berjalan antar perangkat, sniffing process dapat mengetahui semua pesan yang dikirim maupun yang diterima oleh perangkat, sehingga besar kemungkinan dapat terjadi serangan dari proses sniffing tersebut yang menyebabkan tidak adanya privasi dalam payload data. Penelitian ini menggunakan metode digital signature untuk mengamankan pesan yang dikirimkan oleh perangkat jaringan LoRaWAN menggunakan algoritma Advanced Encryption Standard (AES) pada proses enkripsi dan dekripsi pesan, serta menggunakan algoritma Ed25519 pada proses signature, penelitian ini juga menganalisis overhead dari penerapan metode digital signature. Tujuan penerapan digital signature dalam sistem ini adalah untuk memverifikasi bahwa payload data yang dikirim adalah asli dan tidak berubah selama proses transmisi, serta menjamin kerahasiaan pada payload data. Penambahan mekanisme keamanan pada jaringan LoRaWAN seperti proses enkripsi, dekripsi dan hasil verifikasi telah menghasilkan overhead pada beberapa aspek. Setelah dilakukan analisis, terdapat peningkatan ukuran untuk beberapa aspek saat diterapkannya metode digital signature.
Kata kunci : LoRaWAN, sniffing, digital signature, AES, overhead.
Abstract LoRa or Long Range with LoRaWAN technology is a new example of a network class and is being used on a large scale in several countries. The weakness of the LoRaWAN network is that there is no encryption process in the data payload. When the process of sending messages is running between devices, the sniffing process can find out all the messages sent and received by the device, so there is a big possibility that attacks can occur from the sniffing process that causes no privacy in the data payload. This study uses a digital signature method to secure messages sent by LoRaWAN network devices using the Advanced Encryption Standard (AES) algorithm in the message encryption and decryption process, and using the Ed25519 algorithm in the signature process, this study also analyzes the overhead of applying the digital signature method. The purpose of implementing digital signatures in this system is to verify that the data payload sent is original and does not change during the transmission process, as well as guaranteeing the confidentiality of the data payload. The addition of security mechanisms on the LoRaWAN network such as encryption, decryption and verification results has resulted in overhead in several aspects. After the analysis, there was an increase in size for several aspects when the digital signature method was applied.

Keywords: LoRaWAN, sniffing, digital signature, AES, overhead

Downloads

Published

2020-08-01

Issue

Section

Program Studi S1 Informatika