Usulan Penjadwalan Mesin Paralel Identik Untuk Meminimasi Total Tardiness Dengan Menggunakan Metode Algoritma Genetika Pada Workcenter Mesin Frais Di Cv.xyz

Authors

  • Desti Rizki Artini Telkomuniversity
  • Dida Diah Damayanti Telkomuniversity
  • Murni Dwi Astuti Telkomuniversity

Abstract

Abstrak

Pada era sekarang ini segala sesuatu telah mengalami perkembangan dengan cukup cepat, salah satu diantaranya yang mengalami perkembangan yang cukup cepat adalah dunia manufaktur. Setiap perusahaan yang ada saling bersaing untuk membuat suatu proses produksi yang efisien dan efektif. Penjadwalan merupakan salah satu aspek penting yang diperlukan untuk pengambilan keputusan untuk menghasilkan suatu proses produksi yang efisien dan efektif. Hal ini dikarenakan penjadwalan digunakan dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk menjalankan suatu proses produksi. Penjadwalan yang dilakukan perusahaan belum optimal sehingga masih menyebabkan keterlambatan dalam pengerjaan suatu job. Pada penelitian ini membahas mengenai usulan penjadwalan untuk meminimasi tardiness pada n jobs m mesin identik paralel. Untuk meyelesaikan masalah tersebut Earliest Due Date dispatching rule digunakan sebagai solusi awal lalu metode Algoritma Genetika digunakan untuk mencari solusi yang lebih optimal. Jumlah job dan mesin yang digunakan dalam penelitian ini adalah 203 job dan 9 mesin paralel identik yang memiliki performansi dan karakteristik yang sama. Penjadwalan usulan dengan menggunakan metode Algoritma Genetika yang dilakukan dapat mengurangi tardiness hingga 87,9%.

Kata Kunci: Penjadwalan, Mesin Paralel Identik, Tardiness, Algoritma Genetika, Earliest Due Date


Abstract

All has grown very rapidly in this era, one of which is experiencing a relatively rapid development is the manufacturing environment. Every current company is competing to establish an efficient and effective production process. Scheduling is one of the factor requires for decision making in order to create an efficient and effective production process. It is because scheduling used to decide when a production process will run in the right time. The company’s scheduling is not optimum, so it’s make the job delays. This research discusses about scheduling for reducing tardiness in n jobs m identical parallel machines. The Earliest Due Date dispatching rule is used as an initial solution to this problem and then the Genetic Algorithm approach is used to find a more optimal solution. The number of jobs and machines used in this research is 203 jobs and 9 identical parallel machines which have the same performance and characteristics. Proposed scheduling using Genetic Algorithm can reduce tardiness up to 87,9%.

Keywords: Scheduling, Identical Parallel Machine, Tardiness, Genetic Algorithm, Earliest Due Date

Downloads

Published

2020-08-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri