Deteksi Copy-move Pada Pemalsuan Citra Menggunakan Local Binary Pattern Dan Svd-matching

Dian Masmawati, Tjokorda Agung Budi Wirayuda, Febryanti Sthevanie

Abstract

Image Forgery merupakan tindakan pemalsuan citra yang dilakukan secara illegal. Pemalsuan Citra juga dapat didefinisikan sebagai proses manipulasi dari suatu citra digital untuk menyembunyikan beberapa informasi yang penting ada suatu citra. Salah satu metode manipulasi citra yang paling umum digunakan adalah Copy-move. Dengan adanya berbagai perangkat lunak pengolahan citra seperti Photoshop, pemalsuan citra sangat mudah dilakukan. Oleh karena itu, dibutuhkanlah suatu cara untuk mendeteksi pemalsuan citra.
Pada tugas akhir ini dilakukan deteksi copy-move pada pemalsuan citra digital dengan menggunakan metode Local Binary Pattern (LBP) dan SVD-matching. Dengan menggunakan kedua metode tersebut dilakukan pencocokan antar blok-blok piksel citra.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan bahwa dengan menerapkan metode ini dihasilkan suatu metode yang dapat mendeteksi copy-move pada pemalsuan citra. Tingkat akurasi sistem terbaik yang diperoleh dari pengujian berbasis area mencapai 62.33% kemudian sistem mampu mendeteksi citra copymove dan citra asli dengan baik karena memiliki akurasi mencapai 81.7% dan mempunyai nilai TPR dan TNR sebesar 0.800 ketika threshold stabil yang digunakan adalah 0.0051.

Kata Kunci : Image forgery, copy-move, citra, deteksi, Local Binary Pattern (LBP), SVD-matching

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0