Analisis Dan Implementasi Algoritma Winnowing Dengan Synonym Recognition Pada Deteksi Plagiarisme Untuk Dokumen Teks Berbahasa Indonesia

Jody Jody, Agung Toto Wibowo, Anditya Arifianto

Abstract

Plagiarisme merupakan tindakan mengakui hasil karya orang lain sebagai hasil karya pribadi tanpa izin pemilik asli karya tersebut. Tindakan plagiarisme dalam bentuk dokumen sudah sangat banyak terjadi saat era digital seperti ini. Menyikapi hal tersebut, melalui Tugas Akhir ini penulis membangun sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mendeteksi plagiarisme antar dokumen teks yaitu Algoritma Winnowing dengan Synonym Recognition.

Algoritma Winnowing adalah salah satu metode document fingerprinting yang digunakan untuk mendeteksi kemiripan antar teks dokumen dengan menggunakan teknik hashing. Algoritma ini dipilih karena Winnowing merupakan salah satu algoritma terbaik untuk mendapatkan nilai similarity antar teks dokumen baik dalam segi akurasi ataupum performansi. Dalam tugas akhir ini, algoritma Winnowing akan dikombinasikan dengan algoritma Synonym Recognition untuk mengatasi adanya parafrase dokumen yang dilakukan para pelaku plagiarisme.


Kata Kunci: Plagiarisme, algoritma Winnowing, document fingerprinting, Similarity, Synonym Recognition.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0