Usulan Perbaikan Spesifikasi Alat Bantu Di Stasiun Kerja Pengikisan Alat Cap Dengan Menggunakan Metode (rula) Rapid Upper Limb Assessment (studi Kasus Rumah Batik Komar)

Yuvie Mutiarasari, Rino Andias Anugraha, Yusuf Nugroho Doyo Yekti

Abstract

Abstrak. Rumah Batik Komar adalah perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan kain batik. Proses pengikisan alat cap dilakukan dengan cara jongkok selama 30 – 60 menit. Postur kerja jongkok merupakan postur kerja canggung karena terdapat penyimpangan dari postur kerja yang ideal. Postur kerja canggu ng yang dibiarkan secara terus menerus dapat mengakibatkan tingginya risiko Musculoskeletal Disorders (MSDs) atau kerusakan jaringan pada bagian-bagian otot skeletal. Postur kerja canggung operator di stasiun pengikisan alat cap disebabkan oleh pemakaian meja kerja dan alat kikis operator yang tidak ergonomis. RULA (Rapid Upper Limb Assessment) merupakan metode yang digunakan untuk menilai postur, kekuatan, dan gerakan tubuh bagian atas yang berhubungan dengan aktivitas yang tidak berpindah-pindah tempat. Penilaian postur kerja pengikisan alat cap di rumah batik komar menggunakan metode RULA dikarenakan aktivitas operator mengikis alat cap menggunakan tubuh bagian atas dan tidak berpindah-pindah tempat. Hasil penilaian metode RULA pada operator pengikisan alat cap diambil dari postur kerja operator yang paling berbahaya yaitu didapatkan skor akhir 7 pada bagian kanan dan kiri yang berarti penyelidikan dan perubahan dibutuhkan sesegera mungkin. Postur kerja usulan dengan menggunakan spesifikasi alat bantu usulan menghasilkan skor 3 di kanan dan di kiri yang berarti diperlukan penyelidikan lebih jauh dibutuhkan dan mungkin saja perubahan diperlukan. Disimpulkan bahwa alat bantu usulan dapat mengurangi risiko Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada operator pengikisan alat cap di Rumah Batik Komar.

Kata Kunci : Musculoskeletal Disorders (MSDs), Pengikisan alat cap batik, RULA (Rapid Upper Limb Assessment), Postur Kerja Canggung.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0