Perancangan Usulan Perawatan Mesin Teh Hitam Orthodoks Menggunakan Metode Reliable Centred Maintenance Di Pt Perkebunan Nusantara Viii Pabrik Rancabali

Muharam Ginanjar Jatnika, Haris Rachmat, Amelia Kurniawati

Abstract

ABSTRAKSI

PT Perkebunan Nusantara VIII adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi teh, karet, kelapa sawit, dan kina. Dalam proses produksi teh di PT Perkebunan Nusantara VIII terdapat empat proses yaitu, proses pelayuan proses penggilingan, proses yang ketiga adalah proses oksidasi enzimatis, proses keempat adalah proses pengeringan, dilanjutkan proses sortasi dan terakhir proses pengepakan. Dari setiap proses tersebut memiliki mesin-mesin yang memiliki fungsinya masing-masing. Untuk mengoperasikan mesin dan peralatan secara efektif dan efisien diperlukan sistem perawatan mesin yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah Reliable Centred Maintenance (RCM) dengan menggabungkan analisis kualitatif yang meliputi Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Decision Worksheet.

Dari hasil penentuan sistem kritis, sub-sistem penggilingan terpilih sebagai sub-sistem kritis yang akan dibahas lebih lanjut daam penelitian ini. Kemudian ditentukan kebijakan perawatan dan interval waktu perawatan yang efektif sesuai dengan karakteristik kerusakan dengan menggunakan metode Reliable Centred Maintenance.

Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan RCM yang dilakukan pada equipment sub-sistem penggilingan, diperoleh 20 scheduled on condition, dan 5 scheduled restoration task. Sementara interval waktu perawatan masing- masing equipment berbeda-beda sesuai dengan task yang diperoleh. Selisih biaya perawatan apabila perusahaan menggunakan kebijakan preventive maintenance adalah 2%, lebih kecil dibandingkan jika perusahaan masih menggunakan kebijakan corrective maintenance.

Kata kunci: RCM, FMEA, Decision Worksheet, interval perawatan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0