Usulan Perbaikan Proses Daur Ulang Aluminium Menjadi Dudukan Benang Di Art Aluminium Casting (artal Cast) Cimahi Untuk Mengurangi Waste Dengan Menggunakan Lean Manufacturing

Authors

  • Arie Gede Putra Telkom Unviersity
  • Rino Andias Anugraha Telkom Unviersity
  • Murni Dwi Astuti Telkom Unviersity

Abstract

Abstrak Art Aluminium Casting atau yang dikenal dengan Artal Cast merupakan perusahaan yang bergerak dibidang daur ulang aluminium dengan memanfaatkan sampah berbahan aluminium yang sudah tidak terpakai. Salah satu produk yang diminati oleh konsumen adalah part mesin pabrik berupa dudukan benang. Berdasarkan informasi dari Art Aluminium Casting diketahui sering terjadi keterlambatan penyelesaian pesanan konsumen. Keterlambatan terjadi karena operator tidak mampu memenuhi waktu standar yang telah ditetapkan. Ditemukan pemborosan (waste) pada proses daur ulang aluminium menjadi dudukan benang.

Value Stream Mapping dan Process Activity Mapping digunakan untuk menemukan pemborosan atau waste yang terjadi diproses daur ulang aluminium di Artal Cast. Dari Value Stream Mapping diketahui terdapat kegiatan non value added sebesar 16% atau 605,5 detik dan kegiatan value added 84% atau 3223,2 detik dengan lead time 3828,7 detik. Dari Process Activity Mapping, ditemukan pemborosan Delay dan Transportation masing-masing sebesar 9,5% dan 6,5%.

Untuk menghilangkan pemborosan yang ada pada proses daur ulang aluminium menggunakan Lean Manufacturing. Value Stream Mapping future state menunjukan bahwa persentase kegiatan value added meningkat menjadi 99% dengan waktu 3244,1 detik dengan lead time 3263,4 detik. Process Activity Mapping future state menunjukan bahwa Delay dapat tereliminasi dan Transportation berkurang menjadi 1% dengan waktu 32,634 detik.

Kata Kunci : Waste, Value Stream Mapping, Process Activity Mapping, Non Value Added, Value Added, Lead Time.

Downloads

Published

2015-08-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri