Analisis Kebutuhan Layanan Program Studi Graphic Design Professional Di Telkom Professional Certification Center Menggunakan Integrasi Eduqual Dan Model Kano

Mohamad Subkhi Priono, Husni Amani, Sari Wulandari

Abstract

Desain Grafis (Graphic Design Professional) merupakan salah satu program studi yang ada pada program sertifikasi dan pelatihan Certified Competency Development and Professional. Program profesi dari lembaga mengalami penurunan dalam jumlah mahasiswa disetiap tahunnya. Menurut marketing manager dari Telkom Professional Certified Centre,program profesi ini akan melakukan ekspansi dan perbaikan dikarenakan jumlah mahasiswa yang selalu menurun. Kebutuhan dari program profesi ini perlu diidentifikasi dengan memperhatikan kondis saat ini dan kondisi ideal. Lembaga diharapkan mampu mengetahui dan memenuhi kebutuhan peserta dan calon peserta pendidikan.

Penelitian ini mengidentifikasi 26 atribut kebutuhan yang didapat dari peserta dan calon peserta pendidikan lembaga pelatihan dan sertifikasi Telkom Professional Certified Centre program studi desain grafis. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa 13 atribut kebutuhan merupakan atribut lemah dimana performansi atribut tersebut masih dibawah harapan peserta pendidikan dan juga 13 atribut yang perlu dipertahankan performansinya.

Kata kunci : Atribut Kebutuhan, Education Quality , Model Kano, True Customer Needs.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0