Usulan Perbaikan Kualitas Program Studi Creative Multimedia Professional Pada Program Certified Competency Development And Professional Program Dengan Menggunakan Metode Qfd

Suci Ramadhani, Husni Amani, Rio Aurachman

Abstract

Dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Menteri Tenaga Kerja menekankan masyarakat Indonesia untuk memiliki keahlian khusus dan melengkapi diri dengan sertifikasi. Di samping itu, menurut Moelyono, selaku pemilik Sanggar Seni GMC Animation, mengatakan bahwa animator Indonesia banyak dicari oleh dunia animasi karena memilki kreativitas tinggi. Creative Multimedia Professional merupakan salah satu program studi yang dimiliki oleh TPCC yang berhubungan dengan animasi. Program studi CMP saat ini belum mampu mencapai jumlah target peserta didik yang telah ditentukan sebelumnya. Oleh karena itu, Telkom PCC melakukan peningkatan kualitas produk untuk menjadikan program studi CMP menjadi keunggulan bagi lembaga.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi peningkatan kualitas program studi CMP berdasarkan 9 true customer needs. Penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Metode QFD merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menerjemahkan kebutuhan pelanggan ke dalam karakteristik teknis produk dengan mempertimbangkan kemampuan lembaga untuk mewujudkannya. Metode QFD terdiri atas empat tahap, namun pada penelitian ini dilakukan ha nya dua tahap. Tahap pertama yaitu House of Quality untuk menentukan prioritas karakteristik teknis. Tahap kedua yaitu Part Deployment untuk menentukan prioritas critical part.
Rekomendasi yang dibuat berdasakan hasil penetlitian ini adalah pembuatan media feedback alumni/lulusan, waktu maksimal pembelajaran, jenis seminar, konten materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan dunia multimedia, jenis kegiatan mahasiswa di luar kurikulum, konten materi kegiatan mahasiswa, jenis struktur organisasi mahasiswa, dan frekuensi pengelolaan struktur organisasi mahasiswa.


Kata Kunci: Quality Function Deployment, true customer needs, House of Quality, Part Deployment, CMP

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0