Perencanaan Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Sistem Persediaan Dan Sistem Pemesanan Produk Jadi Konveksi Seragam Pada Pd.devi Khusus

Gamma Habie Azzaky, Endang Chumaidiyah, Wawan Tripiawan

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini, akses terhadap informasi dapat dilakukan lebih mudah dengan menggunakan internet. Ditinjau dari hasil data infografis, hampir seperempat penduduk Indonesia menggunakan teknologi internet. Sistem informasi yang dibentuk menggunakan bahasa pemrograman PHP dan jenis rancangan database menggunakan MySQL. Merujuk pada fenomena di atas, laporan ini dibuat dengan meneliti pembuatan sebuah aplikasi sistem informasi berbasis web untuk sistem persediaan dan pemesanan produk jadi dari seragam pada perusahaan PD. Devi Khusus.

Langkah awal yang dilakukan adalah dengan membuat desain perancangan sistem dengan menggunakan notasi grafis seperti Unified Modeling Language (UML). Rancangan ini melibatkan 4 aktor yang memiliki aktifitas yang berbeda-beda yaitu admin, toko, konveksi dan user. Supaya rancangan dapat menghasilkan hasi yang baik, maka diterapkan model proses perkembangan perangkat lunak yang bernama Rapid Application Development (RAD). Sistem RAD ini menggunakan pendekatan konstruksi berbasis komponen sehingga dapat menghasilkan sebuah sistem yang fungsional. Tahapan nya berupa fase perencanaan syarat, fase perancangan, fase konstruksi, dan fase pelaksanaan.

Pada penelitian ini disimpulkan bahwa dengan diterapkan nya perancangan sistem informasi pendataan barang di gudang maupun toko secara online yang berbasis web dengan cara metode pengembangan sistem menggunakan metode RAD dan pemberian notasi grafis menggunakan UML, maka pegawai dan pemilik usaha dapat dengan mudah mengakses data barang di gudang maupun di toko karena telah terhubungnya sebuah sistem secara online dan juga memudahkan pegawai dan pemilik usaha dalam melihat ketersediaan barang baik untuk stok gudang maupun barang yang di jual di toko. Selain proses administrasi dan manajemen perusahaan yang dipermudah dengan adanya sistem informasi ini, konsumen juga dipermudah dalam proses pemesanan dan produk secara online.

Kata Kunci – Sistem Informasi, RAD, UML, Perancangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0