Perancangan Model Bisnis Ukm Wheelhouse Dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas

Eggy Caesario, Endang Chumaidiyah, Litasari Widyastuti

Abstract

Wheelhouse merupakan sebuah UKM yang bergerak di industri produk helm kendaraan sepeda motor yan g berdomisili di kota Bandung. Permasalahan internal maupun eksternal selama masa produksi hingga penjualan ialah minimnya strategi dan inovasi dalam merealisasikan proses bisnis sehingga berdampak pendapatan yang tidak memuaskan. Maka dari itu UKM Wheelhouse memerlukan model bisnis yang dapat membantu dalam pemikiran tentang bagaimana menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai baik dari segi ekonomi, sosial dan lainnya.

Metode analisis model bisnis yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC). Perancangan model bisnis merupakan salah satu solusi karena dapat memetakan, merancang, dan mengarahkan komponen apa saja yang dapat mendukung segala aspek penjualan bisnis UKM Wheelhouse.

Hasil dari penelitian ini sembilan komponen model bisnis UKM Wheelhouse, yaitu segmen pasar yang akan dilayani UKM Wheelhouse. Proposisi nilai yang tawarkan ialah kualitas produk dan karakter merek. Saluran komunikasi dan distribusi yang akan digunakan. Sumberdaya yang harus dimiliki ialah sumber daya manusia, fisik, dan intelektual. Mitra yang bekerjasama ialah penyedia bahan baku dan vendor produksi. Beberapa kegiatan utama UKM ialah proses produksi, pemasaran, dan menjalin kerjasama dengan mitra bisnis lainnya.



Kata Kunci— Model Bisnis Kanvas, UKM, Benchmarking

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0