Perancangan Program Peningkatan Employee Engagement Di Pt Xyz Dengan Menggunakan Metode Addie

Dinni Rifani, Fida Nirmala Nugraha, Atya Nur Aisha

Abstract

PT XYZ merupakan perusahaan farmasi yang memproduksi vaksin dan anti sera di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara. Untuk dapat selalu berdaya saing global, diperlukan kinerja perusahaan yang baik. Kinerja perusahaan yang baik akan tercapai apabila didukung produktivitas yang tinggi dari karyawan. Namun, pada PT XYZ ditemukan masalah yaitu produktivitas kinerja karyawan rendah yaitu 6.8 dari standar produktivitas PT XYZ sebesar 7, padahal tingkat kepuasan karyawan tinggi yaitu 6.8 dari standar kepuasan PT XYZ sebesar 6. Ternyata kepuasan tidak cukup untuk mencapai produktivitas, sedangkan diketahui jika karyawan engaged terhadap perusahaan, maka kinerja karyawan tersebut akan semakin produktif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur tingkat employee engagement dan merancang program peningkatan employee engagement.

Pada penelitian ini digunakan model Aon Hewitt untuk perancangan alat ukur dimana pengukuran dilakukan terhadap 131 orang karyawan dari total populasi 1300. Alat ukur digunakan untuk mengukur tingkat engagement dan tingkat kepuasan. Setelah mendapatkan tingkat engagement dan tingkat kepuasan, dilakukan analisis dan perancangan program peningkatan employee engagement menggunakan metode ADDIE.

Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai tingkat engagement PT XYZ sebesar 64.8% dan tingkat kepuasan sebesar 66%. Adapun program dirancang pada faktor-faktor yang memiliki nilai kepuasan terendah yaitu career opportunities 7.4, work tasks 7.44, dan employee engagement 7.5.


Kata kunci : Employee Engagement, Engagement, Aon Hewitt, ADDIE.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0