Pengembangan Kebijakan Preventive Maintenance Mesin Cincinnati Milacron Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (rcm) Dan Risk Matrix Di Pt Dirgantara Indonesia

Shabrina Zatalini Kuswardani, Fransiskus Tatas Dwi Atmaji, Nurdinintya Athari

Abstract

PT DI (Indonesian Aerospace Inc.) adalah industri pesawat terbang yang pertama dan satu-satunya di Indonesia dan di wilayah Asia Tenggara. Saat ini, selain memproduksi untuk kebutuhan pesawat dalam negeri, PT. DI juga melayani pesanan kebutuhan part untuk Airbus. Pemenuhan produk pesanan PT. DI mengikuti prosedur dan tenggat waktu yang ketat dari pemesan, sehingga produk pesanan harus dipenuhi sesuai spesifikasi pemesan dan dikirimkan tepat waktu. Tetapi untuk mencapai pengiriman tepat waktu tersebut, PT. DI dihadapkan dengan kendala operasional, yaitu banyak nya downtime yang terjadi.

Metode penelitian yang digunakan adalah Reliability centered maintenance dengan menggabungkan analisis kualitatif yang meliputi Failure Mode and Effect Analysis dan RCM Decision Worksheet. Metode lain yang digunakan yaitu dengan tools Risk Matrix untuk menentukan critical system. Dari hasil penilaian Risk Matrix terpilihlah Axis sebagai critical system yang akan dibahas lebih lanjut dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan RCM yang dilakukan pada equipment Axis, diperoleh dua puluh sembilan scheduled on-condition dan tujuh belas scheduled restoration. Sementara interval waktu perawatan masing-masing equipment berbeda-beda sesuai dengan task yang diperoleh. Selisih biaya perawatan apabila perusahaan menggunakan kebijakan maintenance usulan dibandingkan dengan kebijakan maintenance eksisting adalah Rp 320,150,400.00.

Kata Kunci : RCM, Reliability centered maintenance, Decision Worksheet, Failure Mode and Effect Analysis, Risk Matrix

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0