Positioning Analysis Of Tirta One’s Mineral Water Based On Perceptual Map With Multidimensional Scalling Method

Nur Shiyaam, Husni Amani, Sari Wulandari

Abstract

Dewasa ini, industri AMDK berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan ini ditandai dengan banyaknya merek-merek baru yang mulai bermunculan dan membuat persaingan di industri AMDK menjadi sangat ketat. PT. Syahid Global Internasional merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri AMDK dengan menjual produk air mineral dengan merek Tirta One. Perusahaan tersebut telah melakukan penjualan ke beberapa kota di Jawa Barat seperti; Kuningan, Majalengka, Indramayu, Cirebon, Tasikmalaya, Tangerang, Jakarta dan Kabupaten Bandung. Akan tetapi total penjualan dari Tirta One belum memenuhi target penjualan yang ditentukan oleh perusahaan.

Terkait hal tersebut, maka perlu dilakukan penelitian mengenai positioning agar diketahui atribut-atribut yang menjadi keunggulan dari Tirta One. Sehingga, atribut-atribut tersebut dapat membentuk brand image dari Tirta One dan membantu perusahaan menjalankan strategi promosi untuk memperkenalkan Tirta One kepada masyarakat agar dapat meningkatkan hasil penjualan.
Melalui penelitian ini, akan dilakukan pemetaan positioning dari delapan merek produk AMDK terhadap lima variabel (kualitas produk, fitur produk, desain kemasan produk, harga produk dan merek produk). Positioning dalam penelitian ini menggunakan metode Multidimensional Scalling yang akan menghasilkan perceptual map. Melalui perceptual map yang dihasilkan dapat diketahui keunggulan dan kelemahan atribut yang dimiliki oleh Tirta One serta untuk mengetahui pesaing terdekat dari Tirta One yang berada di kuadran atau wilayah yang sama.
Rekomendasi yang diusulkan pada penelian ini bedasarkan atribut yang menjadi kelemahan Tirta One, serta atribut tersebut dapat menunjang tujuan positioning dari Tirta One.


Kata Kunci: Positioning, Perceptual Map, Multidimensional Scalling, Produk AMDK

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0