Analisa Perencanaan Jaringan Long Term Evolution Indoor Di Stasiun Gambir

Muhammad Hafizh Triaoktora, Uke Kurniawan Usman, Rendy Munadi

Abstract

Salah satu tempat yang potensial untuk dilakukan perencanaan jaringan seluler adalah Gedung Stasiun Gambir. Hal ini dikarenakan banyaknya pengunjung yang ada pada gedung tersebut, dan konstruksi bangunan atau dinding – dinding yang tebal dari bangunan stasiun menyebabkan penerimaan sinyal seluler pada sisi user yang berada dalam gedung tersebut menjadi kurang baik. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukannya perencanaan jaringan Long Term Evolution (LTE), agar user yang berada di dalam gedung tersebut dapat menikmati layanan komunikasi data yang cepat dan handal, serta dapat diakses dimana pun dan kapan pun.

Pada perencanaan ini dilakukan dua perhitungan untuk mendapatkan jumlah antena yang diperlukan pada masing – masing gedung , yaitu perhitungan secara coverage, dan perhitungan secara capacity.

Perancangan jaringan LTE ini di simulasikan menggunakan software RPS 5.4 (Radio Propagation Simulator) untuk simulasi coverage. Simulasi ini menggunakan dua skenario, skenario pertama menggunakan jumlah perhitungan caverage, hasil perhitungan coverage sebanyak 15 antena dan skenario kedua menggunakan perhitungan capacity pada hasil perhitungan capacity sebanyak 10 antena. Dari hasil simulasi, skenario capacity merupakan skenario terbaik dengan nilai signal streght yang diterima oleh user atau nilai rata-rata Receive Signal Level (RSL) yang didapat sebesar -42.80 dBm, sedangkan nilai rata-rata Signal Interference Ratio (SIR) yang didapat adalah 12.12 dB. Pada penelitian ini dihitung juga throughput dari masing– masing skenario, nilai throughput yang didapat oleh kedua skenario adalah sama yaitu 1008 Kbps untuk tiap terminalnya.

Kata Kunci : LTE, Coverage, Capacity, Link Budget, RSL, SIR, Throughput.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0