Peningkatan Kualitas Program Pascasarjana Magister Manajemen Reguler Di Universitas Telkom Menggunakan Metode Quality Function Deployment

Ari Prayogo, Husni Amani, Rio Aurachman

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia cukup pesat begitu juga angka partisipasi sekolah (APS) untuk umur 19-24 tahun meningkat sebanyak 38% di tahun 2013. Hal ini mengakibatkan perlunya pengelolaan lembaga pendidikan yang baik agar dapat meluluskan mahasiswa-mahasiswa yang sesuai dengan kompetensi nya masing-masing. Pengelolaan lembaga pendidikan yang dimaksud adalah layanan pendidikan yang sedang dikelola oleh salah satu perguruan tinggi Di Kabupaten Bandung yaitu Pascasarjana Magister Manajemen Telkom University yang termasuk kedalam Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Pascasarjana Telkom melayani Graduate School dan berfokus pada kualitas dan pengembangan program Pascasarjana. Dengan Meningkatnya APS setiap tahunnya dan ketatnya persaingan dalam menyediakan lembaga pendidikan, Pascasarjana Magister Manajemen Telkom University perlu memerlukan perancangan kualitas layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mahasiswa.

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rekomendasi perancangan kualitas layanan pendidikan Pascasarjana Magister Manajemen sesuai dengan true customer needs untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa dalam menimba ilmu. Quality Function Deployment (QFD) merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk menerjemahkan kemampuan lembaga pendidikan dalam mewujudkan kebutuhan tersebut.

Untuk melakukan peracangan kualitas layanan pendidikan Pascasarjana Magister manajemen, diperlukan true customer needs yang didapat dari hasil penelitian sebelumnya. Terdapat 15 true customer needs yang dijadikan masukan ke dalam QFD iterasi 1, yang selanjutnya terindentifikasi 22 karakteristik teknis. Berdasarkan nilai rank dan pemenuhan target karakteristik teknis, terdapat 9 karakteristik teknis yang menjadi prioritas pengembangan dan menjadi masukan ke dalam QFD iterasi 2, teridentifikasi 18 critical part yang menjadi dasar perumusan rekomendasi.

Perumusan rekomendasi dilakukan berdasarkan hasil pengolahan data, analisis, brainstorming dengan penyelenggara pendidikan yaitu Pascasarjana Magister Manajemen Telkom University serta melakukan benchmark dengan lembaga pendidikan pesaing yaitu Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Padjajaran. Rekomendasi yang diusulkan dalam penelitian ini adalah Menyediakan layanan untuk mahasiswa yang membutuhkan jurnal hardcopy, menyediakan media tambahan sebagai alat publikasi hasil penelitian mahasiswa, menyediakan akses channel Tambahan jurnal internasional gratis, menyediakan channel publikasi tambahan untuk jurnal internasional, menyediakan waktu untuk responsi dan membahas materi secara dalam, penambahan jumlah waktu pertemuan dosen dan menyediakan training kepada tenaga pengajar atau dosen yang sesuai dengan bidang yang diajarkan.

Kata Kunci: QFD, Quality Function Deployment, Kualitas pelayanan Pendidikan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :-1