Perancangan Dan Realisasi Sistem Panel Pantul Bola Untuk Latihan Umpan Datar Dalam Sepakbola

Wildan Fauzan, Erwin Susanto, Junartho Halomoan

Abstract

Penerapan teknologi dalam olahraga sudah semakin banyak dan terus berkembang, salah satunya penerapan pada sepakbola. Latihan passing merupakan hal yang paling mendasar bagi setiap pemain bola, namun sulit dilakukan oleh perseorangan, maka dibutuhkan sebuah media bantu untuk dapat melakukannya.
Alat ini terdiri dari 4 buah panel berupa papan yang tujuannya adalah sebagai media pantul bola yang dioper dari seorang pemain. Panel tersebut dipasangi sensor piezoelectric yang dapat mendeteksi getaran yang dihasilkan dari pantulan bola pada panel. Di setiap panel dipasangi juga lampu LED sebagai pertanda panel yang menjadi sasaran di setiap passing yang dilakukan oleh user. Microprocessor yang dipergunakan adalah ATMega328 untuk dapat mengatur sistem yang dirancang pada alat tersebut, dengan sistem Arduino.
Adapun hasil keluaran sistem berupa data jumlah passing yang berhasil dilakukan. Hal ini diharapkan dapat menjadi nilai untuk dapat mengevaluasi kinerja atau kemampuan passing seorang pemain

Kata kunci : olahraga, latihan mengumpan, sepakbola, ATMega328, piezoelectric

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0