Rancang Bangun Prototype Kendali Pintu Gerbang Parkir Berbasis Pelat Nomor Polisi Dan Barcode Menggunakan Pengolahan Citra Digital

Jhordy Reswandi, Porman Pangaribuan, Ratri Dwi Atmaja

Abstract

Perkembangan teknologi sistem otomatis pada saat ini telah berkembang secara cepat diberbagai bidang kehidupan sebagai pendukung kinerja manusia. Salah satunya dalam bidang sistem keamanan, bagi pengguna kendaraan pribadi yang membutuhkan tempat parkir yang memiliki tingkat kemananan dan kenyamanan yang tinggi. Dalam sistem parkir, umumnya sistem pencatatan pelat nomer kendaraan sebagai identifikasi pemilik dilakukan secara manual oleh manusia atau menggunakan mesin tiket. Dibutuhkan waktu yang lama untuk proses pencatatan pelat nomer yang dilakukan sehingga mengakibatkan antrean kendaraan, dan sistem tiket juga tidak menjamin keamanan kendaraan dari pencurian. Oleh karena itu, timbul kebutuhan akan adanya aplikasi sistem otomatis pegenalan pelat nomer kendaraan yang memudahkan pengontrolan sistem keamanan parkir. Oleh karena itu perancangan prototype dan implementasi sistem keamanan pintu gerbang parkir khusus berbasis image processing digital pelat kendaraan dan barcode sangat dibutuhkan. Proses buka tutup pintu gerbang ini akan menggunakan webcam sebagai sensor yang diletakkan di depan gerbang, untuk pengambilan gambar pelat nomor kendaraan dan barcode. Citra yang didapat akan diproses untuk mendapatkan karakter pelat nomer kendaraan dan dibandingkan dengan database yang telah dimasukan sebelumnya. Menghindari pemalsuan pelat nomer hasil identifikasi akan digabungkan dengan barcode dibaca oleh barcode reader untuk mendapatkan pencirian tambahan pada kendaraan. Jika data yang diolah sesuai dengan data referensi, data akan dikirim ke mikrokontroler Arduino Uno untuk menggerakkan dan mengendalikan motor servo sebagai aktuator pintu gerbang. Pada penelitian ini pengambilan data sensor dan proses pengolahan citra digital yaitu 55 % dalam melakukan detection, sedangkan pada proses segmentation dan template matching data untuk angka tingkat peformansi dan akurasi sebanyak 25 %, dan pada proses barcode reader ketika proses segmentasi berhasil peformansi didapat 100 %. Pengontrolan posisi motor servo sebagai aktuator pintu gerbang berhasil dilakukan dari 00 ke 900 kembali ke posisi awal. Proses pengiriman data dengan menggunakan UART TTL antara Arduino Uno dan PC membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan sistem yang bekerja secara continuous dan loop dengan akurasi peformansi pengiriman data sebesar 80 % . Delay total sistem kendali ini 33 - 35 detik dengan mengabaikan error yang terjadi pada proses pengolahan citra.

Kata Kunci : image processing, detection, segmentation, template matching data, barcode, continous , mikrokontroler Arduino Uno, Motor servo.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0