Peningkatan Kualitas Layanan Pelanggan E-commerce Esgotado Di Indonesia Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment

Reza Dinar Ekananda, Budi Praptono, Sari Wulandari

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan dunia internet yang pesat di Indonesia mendorong tumbuhnya bisnis toko online, salah satunya adalah Esgotado asal Bandung yang merupakan UKM yang memproduksi tas untuk kalangan anak muda. Esgotado melakukan penjualan tas melalui website resmi mereka yaitu www.esgotado.net. Selama perjalanan usahanya, Esgotado mengalami peningkatan penjualan, tetapi terdapat kekurangan pada layanan e-commerce Esgotado dan layanan pesaing (Brodo) yang lebih baik. Oleh karena itu, hal ini yang menjadi latar belakang penelitian ini.

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rekomendasi peningkatan kualitas layanan e-commerce Esgotado yang sesuai dengan True Customer Needs untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quality Function Deployment (QFD). QFD merupakan metode perbaikan kualitas produk/jasa dengan input berupa true customer needs.

Pengidentifikasian True Customer Needs telah dilakukan sebelumnya pada penelitian yang berjudul †Analisis Kebutuhan Layanan E-Commerce Esgotado dengan Menggunakan Integrasi Electronic Service Quality dan Model Kanoâ€. Hasil dari penelitian tersebut selanjutnya akan diolah pada penelitian ini pada QFD iterasi 1 dan 2.

Hasil penelitian sebelumnya diperoleh 16 atribut kebutuhan yang menjadi true customer needs terhadap layanan e- commerce Esgotado. Kemudian pengolahan data menggunakan Quality Function Deployment diperoleh 7 karakteristik teknis dan 11 critical part yang perlu dikembangkan untuk peningkatan kualitas layanan e-commerce Esgotado.

Kata Kunci : Quality Function Deployment, Layanan E-commerce, Esgotado, Karakteristik Teknis, Critical Part.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0