Pembuatan Aplikasi Sistem Pemantauan Suhu Kandang Ayam Tipe Close-House Berbasis Internet Of Things

Penulis

  • Josua Suhendra Tampubolon Telkom University
  • Asep Suhendi Telkom University
  • Suprayogi Suprayogi Telkom University

Abstrak

Abstrak—Sistem kandang ayam close house adalah sistem yang banyak digunakan pada peternakan ayam saat ini. Pada sistem kandang Close house memiliki suhunya yang teratur, namun masih perlu dilakukan pemantauan dan pengendalian suhu agar sesuai dengan kondisi ideal yang diperlukan oleh ayam. Maka dari itu, pada tugas akhir dibuat sebuah sistem pemantauan dan pengendalian suhu kandang ayam berbasis Internet of thing (IoT) dan sebuah aplikasi. Aplikasi ini dibuat menggunakan sebuah platform yang memiliki bahasa pemograman Visual block (VPL) yang dapat menampilkan suhu dan kelembapan secara realtime, informasi mengenai aktuator yang aktif, download data, serta menampilkan grafik dari suhu dan kelembapan. Untuk pengujian aplikasi dilakukan dua pengujian yaitu pengujian fitur aplikasi dan pengujian pemantauan. Pada pengujian fitur aplikasi menggunakan metode black box, metode ini dilakukan dengan cara fitur fitur yang telah dibuat dibandingkan dengan skenario pengujian. Pengujian pemantauan dilakukan selama satu hari dengan nilai element utama QoS (Quality of Service) dari jaringan internet yang digunakan yaitu throughput 2561 Kbits/s, packet loss 0%, delay 2,67 ms dan jitter 2,7 ms. Data pada saat pengujian yang diperoleh dari sistem dan aplikasi tidak terdapat perbedaan
Kata kunci— Aplikasi, Close-House, Peternakan ayam, pemantauan suhu

Referensi

N. Azizah, H. D. Utami dan B. A. Nugroho, “Analisis pola kemitraan usaha peternakan ayam pedaging,” Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, vol. II, no. 23, pp. 1-2.

R. P. Wijayanti, W. Busono dan R. Indrati, “Pengaruh suhu kandang yang berbeda terhadap peformans ayam,” pp. 1-6.

H. F. Selia dan W. Indani, “Sistem monitoring dam controling suhu dan kelembapan berbasis telegram ruang server,” Applied Business and Engineering Conference, pp. 828-836, 2021.

F. Puspasari, I. Fahrurrozi, T. P. Satya, G. Setyawan dan M. R. Al Fauzan, “Prototipe sistem kendali suhu dan kelembapan kandang ayam broiler melalui blynk server berbasis android,” WAHANA FISIKA, vol. III, no. 2, pp. 143-147, 2018.

E. W. S. Budianto, Ramadiani dan A. H. Kridalaksana, “Prototipe sistem kendali pengaturan suhu dan kelembapan kandang ayam boiler berbasis mikrokontroler ATMEGA328,” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, vol. II, no. 2, pp. 70-73, 2017.

I. D. Woro, U. Atmomarsono dan R. Muryani, “Pengaruh Pemeliharaan pada Kepadatan Kandang yang Berbeda terhadap Performa Ayam,” Jurnal Sain Peternakan Indonesia, vol. XIV, no. 4, p. 418, 2019.

M. C. Simanjuntak, “Analisis ternak ayam broiler,” jurnal peternakan , vol. III, no. 1, pp. 68-71, 2018.

M. P. Tri , D. A. Nugraha, N. Sari, N. Karima dan W. Asrori, “Implementasi IoT (Internet of Things) dalam pembelajaran di Universitas Kanjuruhan Malang,” SMARTICS Journal, vol. 1, no. 1, p. 20, 2015.

C. Y. Oraplean, J. D. Irawan dan D. Rudhistiar, “Implementasi logika Fuzzy pada sistem monitoring suhu,” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. VI, no. 2, p. 701, 2021.

R. K. Sebayang, O. Zebua dan N. Soedjarwanto, “Perancangan Sistem Pengaturan Suhu Kandang Ayam Berbasis,” p. 2.

F. Puspasari, T. P. Satya, U. Y. Oktiawati, I. Fahrurrozi dan H. Prisyanti, “Analisis Akurasi Sistem Sensor DHT22 berbasis Arduino terhadap Thermohygrometer Standar,” Jurnal fisika dan aplikasinya, vol. XVI, no. 1, p. 45, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-06

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Fisika