NLP Pada Chatbot Untuk Layanan Akademik Menggunakan Metode AIML

Penulis

  • Refiqa Khoiruna Telkom University
  • Fairuz Azmi Telkom University
  • Ratna Astuti Nugrahaeni Telkom University

Abstrak

Abstrak—Fakultas Teknik Eletro Universitas Telkom sangat membutuhkan Layanan Akademik untuk memberi dan mencari informasi. Terkadang informasi terkait perkuliahan yang diberikan di media sosial seperti Instagram dan Website resmi FTE kurang efektif dan efisien, karena masih ada beberapa orang tidak mengetahui informasi yang telah diberikan. Maka dari itu pada penelitian Tugas Akhir ini dirancang sebuah sistem Chatbot pada website, untuk membantu dan memudahkan Mahasiswa/i di Fakultas Teknik Elektro dalam mencari sebuah informasi yang diperlukan mengenai perkuliahan. Chatbot berbasis web ini merupakan bidang dari Artificial Intelligence (AI) dengan penerapan menggunakan Natural Language Processing (NLP). Dalam perancangan Chatbot ini menggunakan Artificial Intelligence Markup Language (AIML). Merupakan sebuah bahasa yang digunakan untuk menyusun logika-logika pada chatbot. AIML juga digunakan sebagai basis pengetahuannya (knowledge base) dan merupakan turunan dari Extensible Markup Language (XML) yang memiliki fungsi lebih spesifik. Untuk pengujian menggunakan pengujian Beta yaitu dengan Usability Testing mendapatkan hasil 92% dari total 42 responden dan 6 pertanyaan. Untuk pengujian Akurasi Chatbot mendapatkan hasil 86% dari 90 pertanyaan random. 77 pertanyaan dengan jawaban benar sesuai pattern dan 13 pertanyaan dengan jawaban salah sesuai default.

Kata kunci—Artificial Intelligence Markup Language (AIML), Chatbot¸ Extensible Markup Language (XML), Layanan Akademik, Natural Language Processing (NLP).

Referensi

Y. P. U. Dhebys Suryani Hormansyah, "Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada Sistem Informasi Layanan Publik Kesehatan Di Malang Dengan Menggunakan Metode TF-IDF," Informaatika Polinema, vol. 4, no. 3, pp. 224 - 228, 2018.

K. Marwan Noor Fauzy, "Chatbot Menggunakan Metode Fuzzy String Matching Sebagai Virtual Assistant Pada Pusat Layanan Informasi Akademik," Informa Politeknik Indonusa Surakarta, vol. 5, no. 1, pp. 61 - 67 , 2019.

Muliyono, "Identifikasi Chatbot dalam Meningkatkan Pelayanan Online Menggunakan Metode Natural Language Processing," Informatika Ekonomi Bisnis, vol. 3, no. 4, pp. 142 - 147, 2021.

L. C. L. Guntoro, "Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence Markup Language (AIML)," Digital Zone, vol. 11, no. 2, pp. 291 - 300, 2020.

I. M. S. I. M. S. P. I Kadek Trio Putra Pinajeng, "Perbaikn Kata pada sistem chatbot dengan metode Jaro Winkler," JITTER, vol. 1, no. 2, 2020.

S. N. J. D. I. Dimas Fajar Ramadhan, "Penerapan Chatbot Auto Reply Pada WhatsApp Sebagai Pusat Informasi Praktikum Menggunakan Artificial Intelligence Markup Language," JATI, vol. 4, no. 1, pp. 198 - 205, 2020.

V. C. M. J. H. Fredickson Dinata, "Pembuatan Website Online Store Dilengkapi dengan Chatbot," in repository.untar.ac.id, Jakarta Barat, 2021.

F. Yusup, "Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif," Tarbiyah, vol. 7, no. 1, pp. 17 - 23, 2018.

O. N. P. R. Y. F. Andi Setiawan, "Question Answering System Dalam Bentuk Chatbot Pada Platform Line Untuk Mata Pelajaran SMA/MA Dengan Menggunakan Algoritma Levenshtein Distance," in Telkom University, Bandung, 2021.

T. B. Kurniawan, "Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria No Caffe di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL," TIKAR, vol. 1, no. 2, pp. 192 - 206 , 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-06

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Komputer