Pembuatan Non-Playable Character (NPC) dan Gameplay Simulasi Tur Kampus Virtual Dengan Unity3D

Penulis

  • Muhammad Idri Junando Telkom University
  • Purba Daru Kusuma Telkom University
  • Ratna Astuti Nugrahaeni Telkom University

Abstrak

Abstrak— Penelitian ini merupakan pengembangan media dalam pelaksanaan tur kampus yang di implementasikan ke dalam tur virtual yang berbasis game simulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah melihat area kampus bagi mahasiswa yang berada di kota atau negara berbeda dari kampus tersebut. Melihat kondisi sekarang yang masih di situasi pandemi COVID-19 yang mengharuskan semua orang melakukan kegiatan di rumah menjadi batasan bagi masyarakat terutama mahasiswa mengunjungi kampus secara langsung. Pembuatan Non-Playable Character (NPC) dan gameplay simulasi Tur Kampus Virtual yang membentuk para Non-Playable Character (NPC) mempunyai tugas dan tujuan masing-masing yaitu memberikan informasi terkait gedung dan fasilitas yang ada di kampus. Informasi mereka akan berbedabeda dikarenakan setiap Non-Playable Character (NPC) akan ditempatkan di berbagai gedung dan fasilitas yang ada, maka akan terlahir pengalaman yang menarik di setiap gameplay dari simulasi yang dimainkan. Simulasi ini dikembangkan pada platform desktop Windows dengan pembuatan Non-Playable Character (NPC) dan gameplay simulasi Tur Kampus Virtual. Pengujian dilakukan pada 56 orang dengan umur 16-19 tahun. Hasil yang diperoleh, 87.5% responden setuju bahwa simulasi ini berhasil berinteraksi dengan Non-Playable Character (NPC). 94.6% mengatakan mendapatkan banyak informasi tentang Telkom University sehingga meningkatkan pengetahuan calon mahasiswa terhadap Telkom University. Di dapatkan 85.7% responden juga berpendapat tertarik dengan Telkom University. Kata kunci— game simulasi, tur kampus virtual, non-playable character (npc), gameplay

Referensi

M. Huda and Mustagfirin, "VIRTUAL TOUR SEBAGAI MEDIA INFORMASI KAMPUS UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG," INFORMATIKA DAN RPL, vol. 1, p. 81, 2019.

E. Supriatna, "Wabah Corona Virus Disease Covid 19 Dalam Pandangan Islam," Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, vol. 7, p. 12, 2020.

A. Ristyawati, "Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945," Administrative Law & Governance Journal, vol. 3, no. 2, p. 10, 2020.

Telkom University, "Telkom University Kukuhkan 7.554 Mahasiswa Baru," Public Relations TelkomUniversity, 17 September 2021. [Online]. Available: https://telkomuniversity.ac.id/telkom-university-kukuhkan-7-554-mahasiswa-baru/. [Accessed 11 Oktober 2021].

K. Kurnia, "Telkom University Kukuhkan 6.978 Mahasiswa Baru," Galamedia News, 4 September 2020. [Online]. Available: https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/pr-35718711/telkom-university-kukuhkan-6978-mahasiswa-baru. [Accessed 11 Oktober 2021].

A. S. HUDA, GAME EDUKASI CEPAT TEPAT DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA SMARTPHONE, Malang: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM, 2016 , p. 2016.

H. Haryanto and W. . S. Sari, "SERIOUS GAME BERBASIS KONSEP OPEN WORLD SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI DALAM PENGENALAN BAHASA MANDARIN UNTUK ANAK," Techno.COM, vol. 11, p. 9, 2012.

F. Z. Alhaddad, H. Pradibta and U. Nurhasan, "Analisis Perilaku Non-Playable Character Pada Game Menggunakan Fuzzy Sugeno," Techno.COM, Vol. 19, No. 3,, vol. 19, p. 13, 2020.

Riwinoto and A. Alfian, "Analisa Gameplay Metric pada Game “Survive Jok” menggunakan unity analytics," Journal of Applied Multimedia and Networking (JAMN), Vols. Vol.05,, p. 16, 2021.

A. Kurniawan, K. Wardani and I. Penta, "Smart Helmet First Person View (Set-fpv) sebagai Perangkat Teknologi Pembelajaran Tatap Muka Virtual Semi Realistik pada Kelas Praktikum Elektropneumatik Jarak Jauh," Southeast Asian Ministers of Education Organization, vol. 7, p. 12, 2021.

R. T. Singkoh, A. Lumenta and V. Tulenan, "Perancangan Game FPS (First Person Shooter) Police Personal Training," E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 5, p. 7, 2016.

T. Zebua, B. Nadeak and S. B. Sinaga, "Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D," Jurnal ABDIMAS Budi Darma, vol. 1, p. 21, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-06

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Komputer