Pengembangan Perilaku Karakter Ibu Pada Game Wira Dengan Metode Intelligent Agent Mother Character Behavior Design in Wira Game Using Intelligent Agent

Authors

  • Novianto Aryansyah Telkom University
  • Purba Daru Kusuma Telkom University
  • Ratna Astuti Nugrahaeni Telkom University

Abstract

AbstrakWirausaha atau bisa disebut juga dengan pengusaha memainkan peran penting sebagai struktur dalam suatu negara. Pemerintah menargetkan lebih dari 5 juta pengusaha baru untuk mendorong penguatan struktur ekonomi negara. Oleh karena itu pengenalan tentang kewirausahaan sejak dini sangat diperlukan untuk mendukung pencapaian tujuan pemerintah. Game dengan konten edukasi merupakan sarana bagi anak untuk mengenal dan belajar tentang kewirausahaan salah satunya dengan bermain game. Game yang bertajuk Wira Games ini dikembangkan untuk memberikan edukasi dalam berwirausaha. Game ini dirancang untuk mendidik atau mengedukasi secara langsung tentang perhitungan, berinteraksi, dan bagaimana cara mengatasi hama. NPC ibu pada game ini dirancang menggunakan metode intelligent agent untuk memberikan pentujuk kepada pemain dan mempermudah dalam permainannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode intelligent agent dapat diterapkan pada NPC ibu. Hasil pengujian survei yang dilakukan dengan perhitungan skala likert menunjukan bahwa game ini menarik, mudah dimainkan, dan konten edukasinya mudah dipahami. Persentase sebesar 80,00% mengatakan bahwa karakter NPC ibu sudah sesuai dengan karakternya yang membantu pemain dalam bermain game.

 Kata Kunci kewirausahaan, non-playable character, intelligent agent

References

M. Jannah, N. I. Febrianti and N. L. Musyafaah, "KEWIRAUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF SYARI’AH," Jurnal Hukum Bisnis Islam, vol. 8, no. 1, pp. 3-4, 2018.

F. Almeida and H. Pessali, "Revisiting the evolutionism of Edith Penrose’s The theory of the," EconomiA, vol. 18, no. 3, p. 8, 2017.

Ahmad, "Pengertian Kewirausahaan: Konsep, Tujuan, Sifat dan Jenis Wirausaha," Gramedia Blog, 2021. [Online]. Available: https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-kewirausahaan/. [Accessed 08 Desember 2021].

L. Y. D. Pangau, S. T. G. Kaunang and A. S. Lumenta, "Game Based Education : Pengenalan Peristiwa," Jurnal Teknik Informatika, vol. 14, no. 2, pp. 1-2, 2019.

P. Hastuti, A. Nurofik, A. Purnomo, A. Hasibuan, H. Aribowo, A. I. Faried, Tasnim, A. Sudarso, I. K. Soetijono, D. H. Saputra and J. Simarmata, KEWIRAUSAHAAN DAN UMKM, Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

B. SUITS, "WHAT IS A GAME?," Philosophy of Science Association, vol. 34, no. 2, pp. 1-10, 1967.

H. SILVIANITA, "Pengertian Game Beserta Sejarah, Manfaat, serta Jenis-Jenis Game, Lengkap!," NESABA MEDIA, 11 Juni 2022. [Online]. Available: https://www.nesabamedia.com/pengertian-game/. [Accessed 17 Desember 2021].

Akbar, "Pengertian Game dan Jenis-Jenisnya," Akbar Project, 22 februari 2021. [Online]. Available: https://akbarproject.com/pengertian-game-dan-jenis-jenisnya/. [Accessed 08 Desember 2021].

Suwarno, "GAME EDUKASI," Binus University, 31 Desember 2017. [Online]. Available: https://pgsd.binus.ac.id/2017/12/31/game-edukasi/. [Accessed 8 Desember 2021].

E. Handriyantini, "Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar," Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia, vol. 1, pp. 1-2, 2009.

N. Hibaturrahman, "Apa Itu Arti NPC dan MC Dalam Dunia Game, Sering Dijadikan Meme di Instagram," TribunSumsel, 3 Maret 2021. [Online]. Available: https://sumsel.tribunnews.com/2021/03/03/apa-itu-arti-npc-dan-mc-dalam-dunia-game-sering-dijadikan-meme-di-instagram. [Accessed 9 Desember 2021].

A. A. Bone, "MULTI-AGENT SYSTEM SEBAGAI SOLUSI PEMBANGUNAN PERANGKAT," Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, pp. 1-2, 2005.

Downloads

Published

2023-03-06

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Komputer