Penerapan Konsep Lean Manufacturing Untuk Rancangan Usulan Perbaikan Meminimasi Waste Defect Pada Produksi Cover Buku Proyek Grafindo Media Pratama Di Pt. Karya Kita

Ario Dwi Wrahatnolo, Pratya Poeri Suryadhini, Muhammad Iqbal

Abstract

Abstrak - PT. Karya Kita merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi buku, bulletin,majalah,dan tabloid. Dalam memenuhi permintaan konsumen, perusahaan ini harus menjaga kualitas produk yaitu dengan meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Berdasarkan data perusahaan, defect rate pada bulan April sampai Desember tahun 2013 berada diatas batas target yang diperbolehkan oleh perusahaan yaitu diatas 3%. Oleh karena itu, perlu dirancang suatu perbaikan terhadap proses produksi dalam upaya meminimasi waste defect.

Tahap penelitian diawali dengan melakukan identifikasi penyebab dominan terjadinya waste defect pada proses produksi cover buku GMP. Analisis awal dilakukan dengan melakukan penggambaran diagram Value Stream Mapping (VSM) current state dalam mendefinisikan masalah yang terjadi, fishbone diagram dan 5W. Akar penyebab masalah timbulnya waste defect yang telah teridentifikasi akan dijabarkan dengan menggunakan fishbone diagram dan 5W.

Penyelesaian permasalahan dilakukan untuk setiap akar penyebab timbulnya waste dengan menggunakan metode lean manufacturing dan menghasilkan usulan untuk meminimasi waste defect scumming dengan batas toleransi 3%, diantaranya pembuatan diagram value stream mapping future state, dan penambahan visual control.

Kata kunci : Lean Manufacturing, Cover buku, Waste Defect, Value Stream Mapping, Process Activity Mapping, Pokayoke.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :-1