Prediksi Curah Hujan Dari Data Satelit Himawari-8 Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (KNN)

Penulis

  • Hikmah Nisya Telkom University
  • Casi Setianingsih Telkom University
  • Wendi Harjupa Telkom University

Abstrak

Abstrak— cuaca adalah fenomena yang terjadi di atmosfer bumi yang berlangsung selama beberapa hari, dan yang berlangsung lama disebut iklim. Kondisi cuaca saat ini dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti suhu, tekanan udara, kecepatan angin, kelembapan udara, dan curah hujan. Perkiraan cuaca di Indonesia tidak menentu dan akan berubah setiap minggunya. Untuk memprediksi suhu dan kondisi cuaca secara akurat di suatu tempat, diperlukan teknologi yang dapat menganalisa dan memprediksi suhu dan kondisi cuaca di daerah tersebut. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah aplikasi Machine Learning (ML). penelitian yang dilakukan pada tugas akhir ini membahas tentang prediksi suhu awan dan hujan menggunakan data dari Satelit Himawari-8 dengan menerapkan metode K-Nearest Neighbor (KNN). Hasil prediksi yang telah didapatkan akan dibandingkan Kembali untuk mengetahui dan menilai kesesuaian hasil. Prediksi dengan fakta yang terjadi secara langsung untuk mendapatkan hasil prediksi yang optimal. Dalam prediksi hujan ini menggunakan NetCDF (ekstensi .nc) untuk melakukan proses prediksi, untuk memprediksi suhu awan dan hujan digunakan metode K-Nearest Neighbor (KNN) dengan titik acuan suhu. Pengujian data dari 180 dataset telah dilakukan dan telah diperoleh hasil akurasi tertinggi beserta peta plot. Tingkat akurasi yang dihasilkan adalah 90-100 %.

Kata kunci— Curah hujan, suhu awan, Himawari -8, Machine Learning, K-Nearest Neighbor.

Referensi

P. Supendi, N. T. Puspito, A. D. Nugraha, S. Widiyantoro, C. I. Abdullah, Daryono, D. Karnawati, S. Rohadi, Zulfakriza and D. P. Sahara, "Earthquake Swarm Analysis around Mt. Salak, West Java, Indonesia, Using BMKG Data from August 10 to November 24, 2019," The 3rd Southest Asian Conference on Geophysics, pp. 1-2, 2021.

"Perubahan Iklim," BMKG, Jum'at Desember 2021. [Online]. Available: https://www.bmkg.go.id/iklim/?p=ekstrem-perubahan-iklim. [Accessed Jum'at Desember 2021].

G. N. Risyanto, "Identification or rainfall area in Indonesia using infrared channels of Himawari-8 Advance Himawari Imager (AHI)," International Conference on Tropical Meteorology and Atmospheric Science. IOP, pp. 1-2, 2019.

B. S. R. Kingsy Grace, "Machine Learning based Rainfall Prediction," ICACCS, p. 1, 2020.

H. Saadatfar, S. Khosravi, J. H. Joloudari, A. Mosavi and S. Shamshirband, "A New K-Nearest Neighbor Classifier for Big Data Based on Efficient Data Purning," MDPI Mathematics, pp. 1-5, 2020.

D. R. Merette, M. Ross, T. r. Merette and K. Church, "Introduction to Anaconda and Python: Installation and Setup," Python for Research. CrossMark, vol. Volume 16 No. 5, p. 3, 2020.

GrADS, "GrADS," Center for Ocean-Land-Atmosphere Studies, Institute of Global Environment and Society, George Mason University, Virginia, 2021.

A. B. Noor, "NetCDF," Rpubs, Indonesia, 2020.

P. Supendi, N. T. Puspito, A. D. Nugraha, S. Widiyantoro, C. I. Abdullah, Daryono, D. Karnawati, S. Rohadi, Zulfakriza and D. P. Sahara, "Earthquake Swarm Analysis around Mt. Salak, West Java, Indonesia, Using BMKG Data from August 10 to November 24, 2019," The 3rd Southest Asian Conference on Geophysics, 2021.

H. Saadatfar, S. Khosravi, J. H. Joloudari, A. Mosavi and S. Shamshirband, "A New K-Nearest Neighbor Classifier for Big Data Based on Efficient Data Pruning," MDPI Mathematics, pp. 1-5, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-06

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Komputer