Perancangan Dan Pembangunan Knowledge Management System Modul Pindah Dan Tukar Kamar Dengan Menggunakan Metode Iterative Incremental Di Dormitory Telkom University

Mochamad Annafie Yanuar Hakim, Luciana Andrawina, Faishal Mufied Al-Anshari Al Anshary

Abstract

Informasi yang dibutuhkan pihak pengelola dormitory yaitu dapat mengetahui status hunian secara real- time di setiap periodenya dengan kondisi awal untuk evaluasi pengelola dormitory, serta proses status penempatan, perpindahan maupun pertukaran kamar di dormitory Telkom University yang dapat memudahkan pengelola untuk menampung experience dan idea dari penghuni asrama. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem yang mampu untuk mengelola data serta informasi yang tersedia sehingga menjadi knowledge yang terkait dalam Knowledge Management System (KMS) Dormitory Telkom University. Dalam pembangunan KMS ini menggunakan metode iterative incremental. Dalam metode iterative incremental, sistem KMS Dormitory Telkom University melalui tahapan business modeling, requirement, analisis sistem, implementasi dan pengujian. Framework yang digunakan dalam pembuatan KMS Dormitory Telkom University ini adalah Framework CodeIgniter, sehingga memudahkan dalam pengembangan lebih lanjut. Perancangan dan pembangunan Knowledge Management System modul pindah dan tukar kamar dengan framework CodeIgniter menggunakan proses Knowledge Management Life Cycle yang berguna untuk penyimpanan data dan memberikan informasi yang akan diolah sehingga menghasilkan knowledge. Hasil yang diharapkan adalah dapat menghasilkan aplikasi KMS yang bisa menyimpan dan menciptakan pattern informasi yang nantinya akan menjadi knowledge berdasarkan KM Cycle. KMS ini juga diharapkan menyediakan sarana yang dapat mengonversi data to information dan information to knowledge sesuai dengan Knowledge Conversion 5C and 4C. Selain itu, KMS ini dapat menghasilkan dan membantu dalam mengelola aset yang paling berharga bagi suatu organisasi, yaitu knowledge.

Kata Kunci: Framework CodeIgniter, Knowledge Management System (KMS), Metode Iterative Incremental, dormitory, Knowledge Conversion.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0