Desain Dan Implementasi Sistem Informasi Geografis : Sistem Pemantauan Banjir Berbasis Android

Perdana Erick Oktafianto, Asep Mulyana, Umar Ali Ahmad

Abstract

strak Banyak sistem yang sudah digunakan untuk mengatasi masalah banjir. Sistem pendeteksi banjir berbasis Android menggunakan Geograpic Information System yang dibuat adalah suatu sistem yang diterapkan pada masyarakat. Sistem pendeteksi ini terdiri dari hardware, database, dan software. Pada bagian hardware, akan digunakan microcontroller Arduino ATMEGA328 yang terpasang ultrasonic sensor dan GSM module Icomsat V1.1 untuk pembacaan data dan pengiriman data. Pada bagian database, akan digunakan database MySQL. Pada bagian software, akan dibuat sebuah aplikasi pemetaan dan pemantauan banjir berbasis Andorid.

Sistem ini memiliki lima klasifikasi jarak air sungai yang nantinya akan dipetakan pada software. Klasifikasi jarak untuk level 1 adalah 1-25 cm, untuk level 2 adalah 26-35 cm, untuk level 3 adalah 36 -70 cm, untuk level 4 adalah 71-150 cm, dan untuk level 5 adalah 151-200cm.

Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem ini dapat bekerja secara realtime dengan respon pembacaan ketinggian air dan pembacaan peta kurang dari satu detik, tingkat akurasi pembacaan yang dilakukan oleh sensor ultrasonik adalah sebesar 83.33% sampai dengan 100% tergantung permukaan yang diukur, dan rata-rata delay dari sistem ini dari mulai pembacaan sensor hingga pembacaan peta adalah 6.93 detik karena terjadi waktu tunggu untuk pengiriman data dari modul GSM ke modem GSM sebesar 5,72 detik.

Kata kunci : Geographic Information System, Arduino, Android, database

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0