Perancangan Strategi Transformasi Digital Di Oshwin Washing Dengan Menggunakan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix)

Penulis

  • Elvira Parinding Telkom University
  • Rio Aurachman Telkom University
  • Sinta Aryani Telkom University

Abstrak

Abstrak—Administrasi di sebuah perusahaan merupakan hal yang berkaitan erat dengan proses bisnis perusahaan yang membutuhkan waktu dan biaya. Pada era digital saat ini, diperlukan cara untuk dapat mengefisiensikan waktu yang digunakan untuk proses administrasi. Oshwin Washing adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa washing di Kota Bandung yang proses administrasinya masih konvensional. Akibat dari proses administrasi yang masih konvensional ini adalah biaya operasional administrasi yang cukup tinggi dan memakan waktu yang lama. Oleh karena itu dibutuhkan strategi berbasis digital dengan menggunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk menentukan alternatif strategi terbaik. Hasil perancangan QSPM diperoleh nilai TAS tertinggi yaitu 6,042 dengan strategi usulan adalah merancang sebuah platform berupa aplikasi untuk memudahkan proses administrasi. Perancangan strategi ini berdampak pada seluruh aktifitas administrasi perusahaan yang menjadi digital sekaligus dapat mengurangi biaya administrasi perusahaan yang cukup tinggi dan mengefisiensikan waktu proses administrasi yang memakan waktu yang lama.

Kata Kunci — strategi digitalisasi, transformasi digital, matriks SWOT, Matriks IE, dan QSPM

Referensi

M. A. Ghufron, "Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan," Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, p. 2, 2018.

V. E. Satya, "Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0," Info Singkat, p. 6, 2018.

S. Syam, "Pengaruh Efektifitas dan Efisiensi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Banggae Timur," Profitability: Jurnal Ilmu Manajemen, pp. 3-6, 2020.

C. Anwar, Y. Sari and T. M. Barusman, "ANALISIS PENGGUNAAN ANGGARAN BIAYA ADMINISTRASI UMUM DAN EFISIENSI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA SUPERVISOR," JURNAL Akuntansi & Keuangan, p. 5, 2017.

N. Asaniyah, "Pelestarian Informasi Koleksi Langka: Digitalisasi, Restorasi, Fumigasi," Pustakawan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, pp. 1-5, 2017.

N. R. Baadila, E. Tjahjono and A. Mulyati, "Analisis SWOT Sebagai Alat Bantu dalam Menetapkan Strategi Pemasaran UD. Rizky Barokah Surabaya," Jurnal Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, pp. 2-4, 2017.

S. Budio, "Strategi Manajemen Sekolah," Jurnal Menata, pp. 1-8, 2019.

F. R. David, Strategic Management Concepts and Cases, United States America: Pearson Prentice Hall, 2009.

F. N. D. Fatimah, Teknik Analisis SWOT, Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2016.

K. Hadiono and R. C. N. Santi, "Menyongsong Transformasi DIgital," Proceeding SENDIU 2020, pp. 1-3, 2020.

M. K. M. Nasution, "Penelaahan Literatur," pp. 1-6, 2017.

N. Perkin and P. Abraham, Transformasi DIgital Demi Kelincahan Bisnis, Jakarta: Grasindo, 2019.

Y. Pratomo and A. Aziz, "Rencana Strategis Teknologi Informasi Menyongsong Transformasi Digital Di Dunia Pendidikan (Studi Kasus SMK Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur)," JTKSI, pp. 1-3, 2019.

S. Prawirosentono and D. Primasari, Manajemen Stratejik & Pengambilan Keputusan Korporasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Rachmat, Manajemen Strategik, Bandung: Pustaka Setia, 2014.

F. Rangkuti, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2017.

V. F. Sanjaya, D. Shelawati, L. Ghati and B. , "IFE EFE DAN GRAND STRATEGY INDUSTRI KULINER," Jurnal Manajemen Bisnis Islam, pp. 3-8, 2020.

P. R. Susanthi, "Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Mencapai Tujuan Perusahaan (Studi Kasus STIE Galileo Batam)," REKAMAN (Riset Ekonomi Bidang Manajemen dan Akuntansi), pp. 4-6, 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-08

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri