Analisis dan Perancangan Enterprise Architecture menggunakan Framework TOGAF ADM pada Fungsi Teknologi Informasi di PT Industri Telekomunikasi Indonesia

Authors

  • Suci Fitri Liana Aripin Telkom University
  • Rokhman Fauzi Telkom University
  • Ryan Adhitya Nugraha Telkom University

Abstract

Abstrak— PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi yang memiliki bidang bisnis utama yaitu manufacture and assembly, managed service, digital service, dan system integrator. Dalam mendukung kegiatan perusahaan, perlu adanya dukungan dari semua unit bisnis salah satunya yaitu dukungan dari fungsi teknologi informasi. Pada fungsi teknologi informasi memiliki tanggung jawab terhadap pelayanan teknologi informasi beserta infrastruktur yang digunakan pada PT INTI. Namun, pada implementasinya fungsi teknologi informasi memiliki beberapa kendala, hal ini ditandai dengan adanya pertukaran data belum menggunakan sistem secara optimal, kurangnya tenaga ahli, alur proses bisnis yang masih kurang efektif, dan salah satu proses bisnis masih belum terintegrasi oleh aplikasi yang sudah ada. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan perancangan enterprise architecture yang mampu menyeleraskan strategi teknologi informasi dan strategi bisnis agar solusi yang dihasilkan tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Pada Perancangan enterprise architecture menggunakan TOGAF ADM yang meliputi preliminary phase, architecture vision, business architecture, information system architecture, technology architecture, opportunities and solution, dan migration planning. Dari hasil perancangan tersebut, menghasilkan berupa desain IT roadmap sebagai acuan dalam pengembangan teknologi serta rancangan blueprint sebagai gambaran umum hasil proyek usulan dalam mendukung strategi teknologi informasi dan strategi bisnis di fungsi teknologi informasi PT INTI.
Kata kunci— enterprise architecture, fungsi teknologi informasi, TOGAF ADM, IT roadmap.

References

The Open Group Togaf, “Welcome to the TOGAF® Standard, Version 9.1, a standard of The Open Group,” 2021.

K. V. de Oliveira, E. C. Fernandes, and M. Borsato, “A TOGAF-based framework for the development of sustainable product-service systems,” Procedia Manuf., vol. 55, no. C, pp. 274–281, 2021, doi: 10.1016/j.promfg.2021.10.039.

J. A. Zachman, “The Concise Definition of The Zachman Framework by: John A. Zachman,” 2008.

S. T. Kareksi and S. Saepudin, “Perancangan Federal Enterprise Architecture Framework Pengelolaan Surat Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi dengan instansi lainnya . Kegiatan pengelolaan surat di Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi menggunakan kartu disposisi . Apabila dilihat da,” vol. 6, pp. 3–5, 2021, doi: https://doi.org/10.34010/aisthebest.v6i1.4901.

Downloads

Published

2023-05-08

Issue

Section

Program Studi S1 Sistem Informasi