Arsitektur Enterprise Pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pada Domain Layanan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta

Penulis

  • Firyal Muthia Nadhifah Telkom University
  • Ari Fajar Santoso Telkom University
  • Falahah Falahah Telkom University

Abstrak

Abstrak—Saat ini Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah berkembang dengan cukup pesat sehingga tidak menutup kemungkinan untuk setiap organisasi membutuhkan teknologi informasi sebagai alat untuk mencapai sebuah tujuan perusahaan atau organisasi. Faktor utama yang harus diperhatikan dalam penerapan teknologi informasi adalah keselarasan antara bisnis yang dijalankan perusahaan atau organisasi serta kebutuhannya dengan teknologi yang digunakan. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi secara optimal perlu melakukan standarisasi dengan mengikuti Peraturan Presiden No.95 Tahun 2018 untuk meningkatkan kematangan teknologi informasi yang salah satunya pada bidang pemerintahan. Pemerintah Daerah Kabupaten Purwkarta telah menerapkan SPBE untuk mendukung visi, misi, dan program yang telah ditetapkan sebelumnya. Tingkat kematangan atau nilai indeks SPBE di Kabupaten Purwakarta masih berada pada kategori baik. Oleh karena itu masih relevan untuk dilakukan perancangan Enterprise Architecture pada domain Layanan dengan menggunakan framework TOGAF. Fase yang digunakan pada TOGAF ADM meliputi Preliminary Phase dan Architecture Vision yang akan dididukung oleh arsitektur SPBE khususnya pada domain layanan. Penulis memberikan solusi untuk melakukan perancangan model arsitektur layanan yang mampu mengoptimalisasikan pelayanan internal birokrasi dan publik melalui sistem informasi dan teknologi yang digunakan.

Kata Kunci — TIK, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), enterprise architecture, TOGAF ADM, domain layanan

Referensi

Sayono, G. K. (2018). Perancangan Architecture Enterprise Menggunakan Kerangka The Open Group Architecture Framework (TOGAF) (Studi Kasus: PT Pos Indonesia Malang).

Haryono, W. F. (2019). Analisis dan Perancangan Enterprise Architecture Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Menggunakan Kerangka Kerja TOGAF ADM Pada Fungsi Keuangan dan Promosi (Studi Kasus: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Bandunf Barat).

Assa'Diyah, K. H. (2021). Perancangan Arsitektur Enterprise Untuk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pada Domain Aplikasi Studi Kasus Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi.

DISKOMINFO. (n.d.). Retrieved from DISKOMINFO:

Indriani, R., Murahartawaty, & Hanafi, R. (2016). Analisis dan Perancangan Technology Architecture Menggunakan The Open Group Architecture Framework Architecture Development Method (TOGAF ADM) Pada PT Shafco Multi Trading.

.[6] Handika, D. Y., Mulyana, R., & N. A. (n.d.). Analisis Arsitektur Enterprise Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Menggunakan Kerangka Kerja TOGAF ADM (Studi Kasus: Disparbud Kabupaten Bandung Barat)

Monita, K., Erfina, A., & Warman, C. (2021). Perancangan Enterprise Architecture Menggunakan Framework TOGAF Archictecture Development Method (TOGAF-ADM) Pada SMK Bina Mandiri 2.

Yunis, R., & Surendro, K. (2009). Model Enterprise Architecture untuk Perguruan Tinggi di Indonesia.

Taqiya, N. A., Mukromah, S., & Pratama, A. (2020). Analisis Tingkat Kematangan SPBE di Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur.

Indonesia, K. S. (2018). Peraturan Presiden Republik Indonesia.

Putri, V. D., Surya Gumilang, S. F., & Nugraha, R. A. (n.d.). Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pada Domain Aplikasi di Lingkungan Daerah Kabupaten Kuningan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-08

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Sistem Informasi