Asesmen dan Peningkatan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Pada Practice Incident Management dan Problem Management Menggunakan ITIL 4 Studi Kasus : RiYanTI Telkom University

Authors

  • Savanny Putri Safrina Telkom University
  • Iqbal Santosa Telkom University
  • Widyatasya Agustika Nurtrisha Telkom University

Abstract

Abstrak—Teknologi manajemen layanan teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis saat ini, karena kerentanan terhadap layanan seringkali tidak dapat diprediksi.Pada penelitian ini saya mengambil data di RiYanTI Telkom University yang merupakan salah satu unit riset dan layanan teknologi informasi yang ada di Direktorat Pusat Teknologi Informasi Telkom University. RiYanTI Telkom University sudah memanfaatkan manajemen layanan teknologi informasi untuk mendukung proses bisnisnya dengan menggunakan ISO 20000-1. Tujuan penelitian Tugas Akhir ini yaitu untuk meningkatkan pengelolaan manajamen layanan teknologi informasi pada practice incident dan problem di RiYanTI Telkom University sesuai dengan sumber yang ada. Sehingga dapat memberikan layanan yang optimal dalam pengelolaan incident dan problem, serta mengetahui sejauh mana pengelolaan incident dan problem diterapkan. Penelitian ini menggunakan framework ITIL 4, karena ITIL 4 merupakan versi terbaru dengan banyak pembaruan praktik ITSM dan mengadopsi cara kerja baru. Penelitian ini akan diajukan sebagai bahan pertimbangan bagi RiYanTI dalam mengelola incident dan problem dengan membandingkan tahapan incident dan problem berdasarkan keadaan sekarang dan menggunakan rekomendasi ITIL 4. Hasil dari penelitian ini akan memberikan rekomendasi dari aspek proses, people dengan assessment menggunakan COBIT 2019 Implementation dan ITIL 4.
Kata Kunci — manajemen layanan TI, incident management, problem management, ITIL 4, COBIT 2019 implementation.

 

References

W. Witanti, Modul Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Bandung: UNIKOM, 2009.

P. Kotler, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks kelompok Gramedia, 2003.

N. Mutiara, R. Andreswari, and R. Hanafi, “Analisis dan Perancangan Enterprise Architecture Direktorat Metrologi Pada Fungsi Perencanaan Dan Operasional Menggunakan Framework Togaf ADM,” Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), vol. 4, no. 01, p. 22, 2017, doi: 10.25124/jrsi.v4i01.158.

T. Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI, 2014.

B. B. Aradea, Shofa, R. N., & Kurnia, “Penerapan Service Oriented Architecture Untuk Pembangunan Web Based Learning,” Jurnal Penelitian Sitrotika, vol. 9, no. 2, 2013.

I. Menken, ITIL V3 Implementation Quick Guide The Art of Stress Free IT Service Management Second Edition. Queensland: Emereo Pty Ltd, 2010.

W. & J. Abdillah., Partial Least Square (PLS) Alternatif SEM Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2009.

Shervita, Amalia Putri, (2015). Evaluasi Tingkat Kesiapan Service Design Menggunakan IT Infrastructure Library (ITIL) Versi 3 Pada PT Fajar Mas Murni Bekasi (Studi Kasus: Aplikasi AS400). e-Proceeding of Engineering.

Mahmoedin. (2010). Melacak Kredit Bermasalah, Cetakan Pertama, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Lantip, Diat dan Riyanto. (2011). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media

Downloads

Published

2023-05-08

Issue

Section

Program Studi S1 Sistem Informasi