Control Self-Assessment (CSA) Pada Unit Riset Dan Layanan TI Direktorat Pusat Teknologi Informasi Universitas Telkom

Penulis

  • Claery Jessica Tampubolon Telkom University
  • Lukman Abdurrahman Telkom University
  • Rahmat Mulyana Telkom University

Abstrak

Abstrak — Perkembangan Teknologi Informasi (TI) pada jaman sekarang ini sangat pesat dan membawa dampak yang sangat positif pada banyak kalangan seperti masyarakat, organisasi, perusahaan, bahkan dalam pendidikan. Tentunya, sistem informasi memiliki peran yang penting pada perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia. Berbagai aspek kehidupan baik di masyarakat maupun organisasi telah memanfaatkan dan menggunakan Sistem Informasi. Khususnya di dunia perguruan tinggi sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan kemudahan yang sangat banyak. Perkembangan teknologi informasi berkembang dalam segala aspek yang dapat mendorong perguruan tinggi untuk melakukan langkah-langkah strategis agar bisa tetap unggul dalam segala bidang. Untuk mencapai visi dan misinya perlu dilakukan pengukuran dan evaluasi dengan tujuan untuk mengetahui apakah teknologi informasi yang di implementasikan sudah sesuai dengan yang tujuan dari divisi tersebut dan mampu memudahkan proses bisnis dari Universitas Telkom untuk memperoleh gambaran kondisi pengendalian internal audit yang lebih baik akan dilakukan dengan menggunakan Control Self-Assessment yang merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk mendukung pemberian rekomendasi Control Self-Assessment pada divisi sistem informasi yang relevan dan sesuai dengan standar penelitian akan digunakan COBIT 2019.

Kata Kunci — COBIT 2019, control self-assessment, evaluasi.

 

Referensi

Arief, R. (2016). Peran Audit Internal Atas Kualitas Pemeriksaan Laporan Keuangan yang dilakukan Oleh Audit Eksternal pada Sebuah Perusahaan. PERAN AUDIT INTERNAL ATAS KUALITAS PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN YANG DILAKUKAN OLEH AUDIT EKSTERNAL PADA.

Ayta Boangmanalu, I. S. (2021). Pengembangan rencana audit teknologi informasi pada unit riset dan layanan teknologi informasi direktorat teknologi informasi universitas telkom menggunakan cobit 2019.

Cantika Pragita, Y. F. (Desember 2014). Analisis Audit Sistem Informasi pada Domain APO (Align, Plan, and Organise) Manage Quality. e-Proceeding of Engineering, 519.

Jogiyanto HM, W. A. (2011). Sistem tatakelola teknologi informasi. Yogyakarta: Andi.

Martias, A. (April 2016). ANALISA PENERAPAN CONTROL SELF ASSESSMENT SEBAGAI APLIKASI PENGENDALIAN INTERN PADA PT. ABC INSURANCE. MONETER, VOL. III NO. 1.

Rio Kurnia Candra, I. A. (April 2015). Audit Teknologi Informasi menggunakan Framework COBIT5 Pada Domain DSS (Delivery, Service, and Support) (Studi Kasus: iGracias Telkom University). e--Proceeding of Engineering: Vol.2, 1129.

Rizaldi, R. A. (n.d.). AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (STUDI KASUS: PT. INDOCOM TAMBAK UDANG LAMPUNG).

Rob Clyde, C. C. (2019). COBIT® 2019 FRAMEWORK: GOVERNANCE AND MANAGEMENT OBJECTIVES. Schaumburg, IL 60173, USA.

Ryan Randy Suryono, D. D. (2018). AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (STUDI KASUS: BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA LAUT LAMPUNG). Jurnal TEKNOINFO, Vol. 12, No.1.

Septian Rachmat Widayanto, S. A. (Juli 2019). Evaluasi Manajemen Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 Domain Monitoring, Evaluate, and Assess pada PT. PLN (Persero) Kantor Pusat. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6956-6964.

Sihotang, H. (Juni 2015). PENERAPAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN COBIT FRAMEWORK 4.1 STUDI KASUS PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARAIII MEDAN (PERSERO). Jurnal Mantik Penusa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-08

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Sistem Informasi