Analisis Perbandingan TCP dan SCTP Pada Jaringan WAN

Penulis

  • Hafidz Lazuardi Telkom University
  • Siti Amatullah Karimah Telkom University
  • Satria Akbar Mugitama Telkom University

Abstrak

Abstrak-Pada lapisan transport terdapat dua protokol yaitu TCP dan SCTP yang memiliki fungsi yang sama tetapi dari segi kinerja berbeda. Maka dari itu diperlukan perbandingan kinerja dari dua protokol TCP dan SCTP pada layanan telnet yang bertujuan agar mengetahui mana yang terbaik pada jaringan WAN. Untuk mengetahui kinerja TCP dan SCTP pada jaringan WAN digunakan emulator jaringan yang bernama gns3 dan di generate traficnya menggunakan distributed Internet traffic generator. Setelah didapatkan data trafic dari dua protokol tersebut dengan parameter throughput, delay dan packet loss maka dapat di analisis kinerjanya dari dua protokol TCP dan SCTP yang mana memiliki kualitas terbaik yang dapat diterapkan pada jaringan WAN. Hasil pengujian protokol SCTP pada jaringan WAN lebih cocok untuk layanan telnet karena sesuai dengan grafik throughput menghasilkan nilai throughput yang tinggi sehingga jumlah paket yang sukses dilewati banyak. Selain dari nilai throughput, nilai delay juga mendukung bahwa protokol SCTP cocok untuk layanan telnet Pada jaringan WAN karena sesuai dengan grafik delay menghasilkan nilai delay yang rendah. Sehingga penerapan protokol SCTP pada jaringan WAN cocok untuk layanan telnet.
Kata kunci - TCP, SCTP, WAN

Referensi

Ramba, E. A. (2010). Analisa Protokol Ssh Dan Telnet Pada Clientless Remote Desktop Gateway.

Sembiring, A. S. (2020). Penerapan Model Protokol Aaa (Authentication, Authorization, Accounting) Pada Keamanan Jaringan Komunikasi Wan (Wide Area Network). Jurnal Multimedia dan Teknologi Informasi (Jatilima), 2(1), 19-29.

Mardiana, Y., & Sahputra, J. (2017). Analisa Performansi Protokol TCP, UDP dan SCTP Pada Lalu Lintas Multimedia. Jurnal Media Infotama, 13(2).

Diansyah, T. M. (2016). Metode ACL (Access Control List) menggunakan frame relay pada jaringan WAN (Wide Area Network). Warta Dharmawangsa, (49).

Tolendino, L. F., & Hu, T. C. (2005). Network protocol changes can improve DisCom WAN performance: evaluating TCP modifications and SCTP in the ASC tri-lab environment (No. SAND2005- 3132). Sandia National Laboratories.

Rustanto, I. (2017). Isu Impementasi Wide Area Network pada Perusahaan BUMN Manufaktur Energi. INFORMAL: Informatics Journal, 2(1), 18-22.

R. Hartert, S. Vissicchio, P. Schaus, O. Bonaventure, C. Filsfils, T. Telkamp, and P. Francois, “A declarative and expressive approach to control forwarding paths in carrier-grade networks,” ACM SIGCOMM (2015)

Yang, Z., Cui, Y., Li, B., Liu, Y., & Xu, Y. (2019, July). Software-defined wide area network (SD- WAN): Architecture, advances and opportunities. In 2019 28th International Conference on Computer Communication and Networks (ICCCN) (pp. 1-9). IEEE.

Cisco, “Internetworking Technology Handbook,” [Online]. Available: http://docwiki.cisco.com/wiki/Internetworking_Technology_Ha ndbook. [Diakses 26 November 2021].

Wulandari, R. (2016). Analisis Qos (Quality Of Service) Pada Jaringan Internet (Studi Kasus: Upt Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon LIPI). JuTISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 2(2).

Tiphon. “Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks (TIPHON) General Aspects of Quality of Services (QoS)”, DTR/TIPHON-05001.1998

GNS3. https://docs.gns3.com/docs/ [Accessed 29 Novembar 2021]

D-ITG. http://traffic.comics.unina.it/software/ITG/ [Accesssed 29 November 2021]

Fortigate 7.0.1. https://widehostmedia.com/sistem-keamanan-firewall-dari-fortigate/[Accesssed 29 November 2021]

Khokhar, Muhammad Jawad, Thierry Spetebroot, and Chadi Barakat. "A methodology for performance benchmarking of mobile networks for internet video streaming." Proceedings of the 21st ACM International Conference on Modeling, Analysis and Simulation of Wireless and Mobile Systems. 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-08

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Informatika