Evaluasi dan Perancangan Model Bisnis Pada Usaha Dapur Cihuuyy Menggunakan Metode Business Model Canvas

Penulis

  • Almer Ahmad Devison Telkom University
  • Sinta Aryani Telkom University
  • Meldi Rendra Telkom University

Abstrak

Abstrak-Dapur Cihuuyy merupakan UMKM yang bergerak pada bidang kuliner yang memiliki variasi pilihan menu utama yang terdiri dari olahan daging, olahan sambal, dan olahan minyak bumbu. Namun, pada tahun 2021 trendline hasil pendapatan Dapur Cihuuyy menunjukkan arah menurun. Maka dari itu, diperlukan sebuah evaluasi model bisnis dengan menggunakan pendekatan business model canvas serta analisis SWOT. Hasil dari usulan tersebut bertujuan untuk mengubah dan memperbaiki kondisi bisnis pada blok business model canvas yang terdiri dari penambahan segmentasi konsumen dalam jumlah besar yaitu instansi dan organisasi pada customer segments, pengembangan dan inovasi produk serta penambahan varian rasa yang beragam pada value proposition, penambahan product tester pada customer relationship, branding oleh key opinion leader pada channels, pembuatan standar produksi pada key activities, penetapan supplier bahan baku dan kering pada key partnership, penambahan sumber daya manusia pada key resources, optimalisasi biaya produksi dan pengemasan serta penambahan biaya untuk membuat varian produk yang lebih kecil pada cost structure, dan penambahan kerjasama antar bisnis secara business-to-business (B2B) pada revenue streams yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dari Dapur Cihuuyy yang mengalami penurunan pendapatan pada tahun 2021.

Kata kunci-business model canvas, evaluasi model bisnis, perancangan model bisnis, analisis SWOT

Referensi

Y. P. Alexander Osterwalder, Business Model Generation, John Wiley & Sons, Inc, 2010.

M. C. Stephen P. Robbins, Management 14E, Pearson Education, 2017.

N. M. K. Karlina Pitaloka, "PENGARUH JOB DESCRIPTION DAN JOB SPESIFICATION TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Suatu Studi Pada PT.Pos Indonesia Cabang Ciamis)," Business Management and Entrepreneurship Journal, p. 44, 2019.

Y. P. G. B. A. S. Alex Osterwalder, Value Proposition Design, John Wiley & Sons, Inc, 2014.

M. T. Handayani, "Manajemen pemasaran: Pengertian, tujuan, tugas, dan strateginya," 08 October 2021. [Online]. Available: ekrut.com.

K. L. K. Philip Kotler, Marketing Management 15th Global Edition, Pearson Education, 2016.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri