Minimasi Waste Defect Pada Proses Produksi Wing NC212 Menggunakan Metode Lean Manufacturing di PT Dirgantara Indonesia

Penulis

  • Ramdhani Yanuar Telkom University
  • Pratya Poeri Suryadhini Telkom University
  • Murni Dwi Astuti Telkom University

Abstrak

Abstrak-PT Dirgantara Indonesia merupakan perushaan yang menghasilkan produk kedirgantaraan. Dalam proses produksi Wing NC212, PT Dirgantara Indonesia masih memiliki kendala berupa waste defect. Waste defect merupakan keadaan dimana produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan sehingga mengakibatkan produk tersebut mengalami keterlambatan karena terdapat proses rework atau perbaikan. PT Dirgantara Indonesia mengklasifikan penyebab defect yang muncul adalah N508 (Workmanship), N450 (Need CAU Investigation), N901 (Part Reject as a Result of Tool) dan N903 (Design). Pada penelitian tugas akhir ini metode yang digunakan untuk meminimasi waste defect tersebut adalah merode lean manufacturing. Penelitian dimulai dengan melakukan observasi untuk memperoleh data yang mendukung dalam pembuatan Value Stream Mapping (VSM) dan Process Activity Mapping (PAM). Berdasarkan current state mapping Total Inventory Time selama aktivitas pembuatan sayap pesawat NC212 adalah sebesar 20.570,134 jam dan Total cycle timenya adalah 13.537,627 jam. Ditemukan juga jumlah defect sebanyak 12 jenis. Setelah itu dilakukan penyeleksian defect dominan menggunakan diagram pareto dan pencarian akar masalah penyebab terjadinya defect menggunakan 5 whys. Setelah membuat rancangan usulan perbaikan, berdasarkan future state mapping didapatkan perubahan Total Inventory Time menjadi 16.246,396 jam dan Total cycle timenya berubah menjadi 12.793,627 jam. Kata Kunci: Lean Manufacturing, Waste Defect, Value Stream Mapping, Process Activity Mapping, 5 Whys.

Kata kunci-lean manufacturing, waste defect, value stream mapping, process activity mapping,
5 whys.

Referensi

Zhang, L. L., Narkhede, B. E., & Chaple, A. P. (2015). Interpretive Ranking Process-based Lean Manufacturing Barrier Evaluation.

Jakfar, A., Setiawan, W. E., & Masudin, I. (2014). Pengurangan Waste Menggunakan Pendekatan Lean Manufacturing.

Ristyowati, T., Muhsin, A., & Nurani, P. P. (2017). Minimasi Waste Pada Aktivitas Proses Produksi Dengan Konsep Lean Manufacturing (Studi Kasus Di Pt. Sport Glove Indonesia). Jurnal OPSI.

Mizarvi, W., Kurniawati, M., & Rispianda. (2017). Perancangan Instruksi Kerja Dokumen Dan Visual Pada Mesin Electrical Discharge Machine.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri