Perancangan Alat Peniris Minyak dengan Wadah Portable untuk Olahan Keripik dengan Metode Design Thinking di Sami Rasa Milo Ibu Hj. Tuti kosambi

Penulis

  • Rafly Ahmad Nurfikri Telkom University
  • Sri Martini Telkom University
  • Mira Rahayu Telkom University

Abstrak

Abstrak-Pertumbuhan UMKM di Kota Bandung sangat pesat sejak tahun 2016 ada sebanyak 343.938 kemudian seiring waktu terus meningkat sampai pada tahun 2021 yang ada di angka 464.346 unit UMKM yang beroperasi. Salah satu UMKM tersebut adalah Sami Rasa Milo Ibu Hj. Tuti Kosambi yang telah beroprasi sejak tahun 2018. Pada proses produksi di Sami Rasa Milo Ibu Hj. Tuti seringkali tidak mencapai target produksi per bulanya. Permasalahan yang didapatkan pada penelitian ini adalah alat peniris minyak yang lama dan kurang maksimal dalam meniriskan minyak. Maka akan dilakukan perancangan alat peniris minyak dengan wadah portable yang lebih cepat dan lebih maksimal dalam meniriskan minyak. Perancangan ini dilakukan berkaitan dengan empat aspek yang menjadi permasalahan yaitu ada man, material, method, dan equipment. Pengolahan data dilakukan untuk mendapatkan desain peniris minyak dengan wadah portable yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, dengan melalui 5 proses pada design thinking yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing sehingga didapatkan spesifikasi rancangan, konsep rancangan, material yang digunakan, serta desain yang akan dibuat. Perancangan menghasilkan desain 3D dari alat peniris minyak yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Implementasi dari hasil rancangan ini merubah fungsi dan juga kenyamanan dari penggunna menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kata kunci-UMKM, alat bantu, peracangan peniris minyak, design thinking.

Referensi

K. T. Ulrich and S. D. Eppinger, Product Design and Development, New York: McGraw-Hill Education, 2012.

M. P. Putra, "USULAN ALTERNATIF PERENCANAAN PROSES PRODUKSI KOMPONEN TURBIN OIL COOLER," p. 7, 2020.

S. F. Prayogi, B. Isdianto and M. Ihsan, "EKSPERIMEN TEORI HUMAN CENTERED DESIGN PADA ELEMEN FISIK TAMAN KRESNA KOTA BANDUNG," Jurnal Sosioteknologi Volume 13, Nomor 3, 2014.

M. Rahayu, F. A. Silalahi and E. Febrianti, "Book trolley design for Telkom University Library using User Centred Design (UCD) method," IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering847 (2020) 012045, 2020.

D. Norman, The Design of Everyday Things, New York: Basic Books, 2004.

T. A. Saputra, "IMPLEMENTASI DESIGN THINKING DALAM MEMBANGUN INOVASI MODEL BISNIS PERUSAHAAN PERCETAKAN," 2016.

S. Amalia, F. Wahid, V. Satriadi, F. S. Farhani and N. Setiani, "Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking," Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Teknik Industri