Perancangan Dashboard Evaluasi Kinerja Dosen Menggunakan Metode Scrum Dengan KNN Clustering di Fakultas Rekayasa Industri Universitas Telkom

Authors

  • Muhammad Fachri Dhifa Telkom University
  • Luciana Andrawina Telkom University
  • Nurdinintya Athari Supratman Telkom University

Abstract

Abstrak-Fakultas Rekayasa Industri atau FRI merupakan salah satu fakultas di Telkom University. Terdapat 135 orang dosen yang tersebar ke dalam 5 program studi. Sumber daya manusia merupakan faktor penting, sehingga Fakultas Rekayasa Industri perlu untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap dosen pengajarnya. Pada proses monitoring dan evaluasi tersebut, dekanat FRI mengalami beberapa hambatan seperti data kinerja dosen terdahulu yang sulit untuk di-retrieve, prosedur evaluasi belum mampu untuk pemerataan beban kerja dosen, dan belum adanya sebuah sistem yang mampu mengidentifikasi perkembangan kinerja dosen. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah dashboard untuk membantu FRI dalam melakukan evaluasi kinerja dosen. Perancangan dashboard dilakukan dengan metode scrum karena efektif untuk perancangan sistem dengan tim. Pada dashboard tersebut akan terdapat clustering dengan metode KNN yang berfungsi untuk mengelompokkan dosen berdasarkan kinerjanya.
Tahapan perancangan dashboard ini diawali dengan menganalisis permasalahan, mengumpulkan kebutuhan pengguna terhadap sistem, melakukan coding, dan pengujian. Rancangan tersebut menghasilkan DPDK atau Dashboard Pemusatan Data Kinerja yang dapat digunakan untuk pemusatan data kinerja dosen sehingga mudah untuk melihat kembali data kinerja dosen terdahulu. DPDK telah melewati tahap pengujian dengan blackbox testing dan user acceptance test. Dengan melewati pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Dashboard Pemusatan Data Kinerja pada Fakultas Rekayasa Industri telah diterima oleh pengguna.

Kata kunci- dashboard clustering, KNN, Scrum

References

PDDikti, “Universitas Telkom,” 2021. [Online]. Available: https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/ODYxRDlBNjQtOTQ5NS00Njg4LUE1MjgtODk5RkNDQTFDMUU4.

SIE Telkom University, “Kelompok Keahlian,” 17 May 2022. [Online]. Available: https://sie.telkomuniversity.ac.id/research-publication/kelompok-keahlian/#1629009525192-5e6e1b5e-9e30.

LLDkti, “Beban Kerja Dosen,” 17 May 2022. [Online]. Available: https://lldikti6.kemdikbud.go.id/beban-kerja-dosen/.

N. Azis, ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI, N. S. Wahyuni, Penyunt., Bandung: Widina Bhakti Persada, 2022.

M. A. Muslim, B. Prasetyo, E. L. H. M, A. J. H, Mirqotussa'adah, S. H. R dan A. Nurzahputra, Data Mining Algoritma C 4.5 Disertai contoh kasus dan penerapannya dengan program computer, Semarang: Unnes, 2019.

N. Rohmawati, S. Defiyanti dan M. Jajuli, “IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS DALAM PENGKLASTERAN MAHASISWA PELAMAR BEASISWA,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol I, no. UTAMA, p. 63, 2015.

E. K. Nduru, E. Buulolo dan Pristiwanto, “IMPLEMENTASI ALGORITMA K-Modes UNTUK MENENTUKAN STRATEGI MARKETING STMIK BUDI DARMA,” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), Volume 2, Nomor 1, pp. 12-19, 2018.

W. Yustanti, “Algoritma K-Nearest Neighbour untuk Memprediksi Harga Jual Tanah,” Jurnal Matematika, Statistika, & Komputasi, vol. 9, no. 1, pp. 57-68, 2012.

E. RatnaWulan dan A. Rusdiana, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Pustaka Setia, 2015.

E. Hariyanti, I. Werdiningsih dan K. Surendro, “MODEL PENGEMBANGAN DASHBOARD UNTUK MONITORING DAN EVALUASI KINERJA PERGURUAN TINGGI,” Juti, vol. 9, no. 1, pp. 13-20, 2011.

H. Ham, “Metodologi Scrum,” 20 May 2022. [Online]. Available: https://socs.binus.ac.id/2019/12/23/metodologi-scrum/.

S. Hadji, M. Taufik dan S. Mulyono, “IMPLEMENTASI METODE SCRUM PADA PENGEMBANGAN APLIKASI DELIVERY ORDER BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN LOMBOK IDJO SEMARANG),” Konstelasi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA, p. 1, 2020.

W. N. Cholifah, Yulianingsih dan S. M. Sagita, “PENGUJIAN BLACK BOX TESTING PADA APLIKASI ACTION & STRATEGY BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI PHONEGAP,” Jurnal String, vol. 3, no. 2, pp. 206-210, 2018.

A. R. Yusmita, H. Anra dan H. Novriando, “Sistem Informasi Pelatihan pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja Industri (UPT LKI) Provinsi Kalimantan Barat,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 8, no. 2, pp. 160-169, 2020.

B. Priyatna, A. L. Hananto dan M. Nova, “Application of UAT (User Acceptance Test) Evaluation Model in Minggon E-Meeting Software Development,” SYSTEMATICS, vol. 2, no. 3, pp. 110-117, 2020.

Downloads

Published

2023-06-26

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri