Perancangan Dashboard Monitoring & Controlling pada Proyek Ticketing System Development PT L di PT ABC

Authors

  • Muhammad Ihsan Caniago Telkom University
  • Ika Arum Puspita Telkom University
  • Devi Pratami Telkom University

Abstract

Abstrak-Salah satu proyek yang sedang dikerjakan oleh PT XYZ adalah proyek ticketing system development PT L. Proyek ticketing system development PT L mengalami keterlambatan disebabkan oleh kurang optimalnya proses monitoring & controlling. Perancangan dashboard monitoring & controlling bertujuan untuk mengoptimalkan proses monitoring & controlling di proyek ticketing system development PT L dengan menerapkan teori Earned Value Management (EVM) untuk mengukur performansi kinerja proyek. Adapun metode yang digunakan dalam perancangan dashboard ini adalah metode Plan Driven atau yang lebih dikenal dengan nama Waterfall. Penggunaan metode ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan user dalam dashboard yang dilakukan secara terperinci sehingga dapat meminimalkan kesalahan dalam perancangannya. Perhitungan EVM digunakan untuk menghitung performansi kinerja proyek serta dapat memprediksi waktu dan biaya penyelesaian suatu proyek. Berdasarkan perhitungan EVM didapatkan nilai performansi kinerja proyek pada minggu ke-15 dengan nilai SPI sebesar dan CPI proyek masing-masing sebesar 0.86 dan 0.97. Hasil perhitungan estimasi waktu proyek terdapat penambahan 15 minggu sehingga total waktu proyek menjadi 15 minggu dari rencana proyek 13 minggu, dengan estimasi biaya untuk penyelesaian proyek sebesar Rp 65,825,038.00.

Kata kunci-dashboard, monitoring and controlling, waterfall, earned value management

References

Toyota Astra Motor, "Corporate Information: Profile," 2020. [Online]. Available: https://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/profile.

PMBOK, A guide to the project management body of knowledge (PMBOK guide), Newtown Square: Project Management Institute, 2017.

H. G. Daellenbach and D. C. McNickle, "Management Science," in Decision Making Through System Thinking, Christchurch, Palgrave Macmillan, 2005, pp. 53-62.

J. Rumbaugh, Unified Modeling Language User Guide, Encyclopedia of Software Engineering, 2010.

R. S. Naibaho, "Peranan Dan Perencanaan Teknologi Informasi Dalam Perusahaan," pp. 1-2, 2017.

L. M. Rompas, "Penerapan Teknologi Pada Sistem Informasi Manajemen Proyek Sistem Informasi Kontraktor dan Konsultan," p. 101, 2020.

Downloads

Published

2023-06-26

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri