Perancangan Dashboard Sentimen Pariwisata Menggunakan Metode Complement Naïve Bayes pada Kabupaten Rembang

Authors

  • Matthew Ewaldo Amaniputra Telkom University
  • Rayinda Pramuditya Soesanto Telkom University
  • Hilman Dwi Anggana Telkom University

Abstract

Abstrak-Sumber devisa setiap negara yang saat ini menjadi sedang digalakan dimanapun adalah tempat pariwisata. Saat ini Indonesia mendapatkan sumber devisa yang tinggi salah satunya karena adanya pariwisata. Tempat wisata yang dijadikan tujuan destinasi para wisatawan sangat berpengaruh terhadap banyak tidaknya wisatawan yang datang ke tempat tersebut. Setiap tempat mempunyai daya tarik sendiri, sehingga sudah sewajarnya apabila pengelolaan terhadap daerah wisata tersebut harus menjadi fokus utama. Sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, Kabupaten Rembang merupakan salah satu yang mempunyai daerah tempat tujuan wisata yang menjanjikan.
Output dari penelitian ini adalah performa Algoritma Naïve Bayes terkait komentar-komentar pengunjung terhadap beberapa pariwisata yang ada di Kabupaten Rembang yang dikemas dalam bentuk sebuah Dashboard yang menampilkan hasil dari analisis sentiment.

Kata Kunci-dashboard, complementnaivebayes, google maps review

References

A. Rahman, E. Utami, and S. Sudarmawan. (2020) Sentimen Analisis Terhadap Aplikasi pada Google Playstore Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan Algoritma Genetika, J. Komtika Komputasi.

Chandrasekaran., V. &. (2012). Sentiment Analysis and Opinion Mining: A Survey. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering.

Clayton, F. (2011). Coarse-and Fine-Grained Sentiment Analysis of Social Media Text

Hidayatullah, A. F. (2014). ANALISIS SENTIMEN DAN KLASIFIKASI KATEGORI TERHADAP TOKOH PUBLIK PADA TWITTER. Seminar Nasional Informatika 2014

Kumar, E. (2011). NATURAL LANGUAGE PROCESSING. New Delhi: LK. Intrnational Publishing House Pvt, Ltd

Muslehatin, W. I. (2017). Penerapan Naïve Bayes Classification untuk Klasifikasi Tingkat Kemungkinan Obesitas Mahasiswa Sistem Informasi UIN Suska Riau. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri, 250-256..

Prasetyo, E. (2012). Data Mining Konsep dan Aplikasi menggunakan MATLAB. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Reynolds, G. W. (2018). Principles of Information Systems. Boston: Cengage Learning

Sutabri, T. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi Offset.

Wilianto, L., Rakhmat Umbara, F., & Hendro Pudjiantoro, T. (2017). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TEMPAT WISATA DARI KOMENTAR PENGUNJUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER STUDI KASUS JAWA BARAT. Prosiding SNATIF Ke -4.

Downloads

Published

2023-06-26

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri